Pengaruh budaya literasi terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam peserta didik di SMP Iskandar Said Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakaria, Achmad (2017) Pengaruh budaya literasi terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam peserta didik di SMP Iskandar Said Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya literasi terhadap prestasi belajar dan pengaruh yang dimaksud di sini adalah pengaruh positif dari budaya literasi. Berdasarkan hasil observasi dan interview menunjukkan Budaya Literasi di SMP Iskandar Said Surabaya berjalan dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari setiap harinya melakukan Budaya Literasi, melakukan beranekaragam jenis kegiatan Budaya Literasi, kondisi perpustakaan SMP Iskandar Said Surabaya yang sudah memenuhi standar perpustakaan sekolah. Dan koleksi buku yang dimiliki perpustakaan SMP Iskandar Said Surabaya yang dinilai cukup lengkap untuk dapat memenuhi kebutuhan baca warga sekolah. Sedangkan berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada peserta didik mengenai Budaya Literasi, data yang diperoleh setelah dianalisis dengan persentase hasilnya 71,02%, hal ini menunjukkan bahwa Budaya Literasi di SMP Iskandar Said Surabaya tergolong cukup tinggi. Prestasi Belajar peserta didik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Iskandar Said Surabaya juga tergolong baik, karena dilihat dari hasil rata-rata peserta didik adalah 86,77 dari 89 jumlah peserta didik (responden). Dan hasil rata-rata tersebut melampui KKM yang telah ditetapkan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam yakni 75. Ada hubungan positif yang signifikan antara pengaruh budaya literasi terhadap prestasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil yang diperolehya itu dengan menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh angka indek skorelasi sebesar 0,33 yang berkisar antara 0,02 – 0,40, ini berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y yaitu korelasi yang rendah atau lemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakaria, Achmadzakariaahmad650@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Keywords: Literasi; Prestasi belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zakaria Achmad
Date Deposited: 10 Nov 2017 07:41
Last Modified: 10 Nov 2017 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21146

Actions (login required)

View Item View Item