Analisis kafalah terhadap praktik arisan "Menurun" di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Adawiyah, Robi'ah (2017) Analisis kafalah terhadap praktik arisan "Menurun" di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang dilakukan di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Dengan judul “Analisis Kafalah terhadap praktik Arisan “Menurun”di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: bagaimana mekanisme arisan “menurun”di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar? Dan bagaimana analisis kafalah terhadap praktik arisan “menurun”di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar? Dalam menyelesaikan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian diolah dengan cara editing, organizing dan kemudian dianalisa dengan menggunakan teori kafalah dan menggunakan teknik analisa deskriptif analisis. Dalam penelitian ditemukan bahwa mekanisme arisan “menurun”diikuti oleh sepuluh orang dalam satu kloter. Terdapat empat macam kloter yang masing – masing perolehan arisannya berbeda, yakni perolehan sebesar Rp. 1.000.000,-, Rp. 1.500.000,-, Rp. 2.000.000,-, dan Rp. 2.500.000,-. Besar pembayaran peserta antara satu kloter dengan kloter lainnya adalah berbeda. Terdapat penetapan pembayaran tertentu yang diperjanjikan di awal. Dalam satu kloter untuk peserta pertama jumlah pembayarannya adalah paling besar lalu semakin menurun jumlahnya hingga peserta kesepuluh atau peserta paling akhir. Kelebihan dari total pembayaran arisan maka akan dimasukkan sebagai biaya administrasi sebagai upah jasa penyelenggara dan untuk menutupi keterlambatan pembayaran peserta atau yang malah tidak membayar jika ada. Perolehan arisan dilakukan berurutan berdasarkan urutan peserta tanpa diundi. Peserta yang telah mendapatkan perolehan arisan maka ia harus tetap membayar arisan hingga periode habis. Dalam praktiknya para peserta tidak ada yang merasa dirugikan dan saling rela karena sebelum mengikuti arisan mereka sudah bersepakat dengan semua aturan yang ada. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik arisan “menurun”ini hukumnya adalah boleh karena termasuk akad kafalah serta memenuhi rukun – rukun dan syarat – syarat kafalah. Maka disarankanbagi penyelenggara dan para peserta arisan: Pertama, hendaknya terlebih dahulu memahami ketentuan – ketentuan dalam hukum Islam mengenai bertransaksi khususnya dalam arisan. Islam memperbolehkan umatnya untuk mencari uang tetapi jangan sampaimereka mengabaikan hukum Islam. Kedua, seharusnya sebelum arisan dimulai akad sudah ditentukan bahwa akad arisan ini termasuk akad jaminan. Ketiga, jika melakukan arisan hendaknya dengan menggunakan kwitansi dan perjanjian tertulis agar jika ada peserta atau penyelenggara yang melanggar arisan maka dapat dikenakan sanksi dengan hukum yang kuat dan bagi peserta yang telah membayar arisan maka telah ada bukti bahwa ia telah membayar arisan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Adawiyah, Robi'ahrobiahadawiyah75@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Keywords: kafalah; Praktik arisan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Al Adawiyah Robi'ah
Date Deposited: 13 Nov 2017 04:33
Last Modified: 13 Nov 2017 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21150

Actions (login required)

View Item View Item