Analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh Agama tentang kebolehan rujuk talak ba'in kubra tanpa muhallil di Desa Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muawikin, Muawikin (2017) Analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh Agama tentang kebolehan rujuk talak ba'in kubra tanpa muhallil di Desa Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan judul Analisis Hukum Islam Terhadap Pandangan Tokoh Agama Tentang Kebolehan Rujuk Talak Ba'in Kubra Tanpa Muhallil Di Desa Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Dengan rumusan masalah, bagaimana pandangan tokoh Agama tentang rujuk talak ba’in kubra tanpa muhallil di Desa Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik? Dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh Agama tentang kebolehan rujuk talak ba’in kubra tanpa muhallil di Desa Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena data dalam penelitian ini dihimpun melalui wawancara dan studi dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan pola pikir deduktif. Pandangan tokoh Agama Desa Kalipadang tentang kasus rujuk talak ba’in kubra tanpa muhallil terdapat dua perbedaan pendapat. Beberapa tokoh Agama ada yang memperbolehkan rujuk talak ba’in kubra tanpa muhallil dengan catatan pengucapan kata talak diharuskan sarih untuk keabsahan talak, ada niat dalam menjatuhkan talak, lebih mengutamakan kemaslahatan, dan rujuk tidak diniatkan untuk dipermainkan, akan tetapi harus diniatkan sungguh-sungguh melanjutkan pernikahan untuk kedepanya. Dan sebagian tokoh Agama ada yang tidak memperbolehkan terhadap pelaksanaan rujuk talak ba’in kubra tanpa muhallil karena Agar tidak ada yang mempermainkan kata talak, dan diharuskan adanya muhallil sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam Alquran Surah Al-Baqarah Ayat 230. Analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh Agama tentang rujuk talak ba’in kubra tanpa muhallil di Desa Kalipadang yang dilarang oleh Allah SWT sesuai dalam firman-Nya Alquran surah Al-Baqarah Ayat 230. Negara juga sudah jelas mengatur dalam undang-undang, bahwasanya mengenai definisi dan penjelasan talak ba’in kubra yang terdapat dalam pasal 120 KHI yakni talak yang tidak dapat dirujuk dan tidak dapat dinikahkan kembali, kecuali apabila pernikahan itu dilakukan setelah bekas isteri menikah dengan orang lain kemudian terjadi perceraian ba’da al-dukhul dan habis masa iddahnya. Dan mengenai prosedur rujuk dalam pasal 167 hendaknya dilakukan di KUA. Karena talak dan rujuk sendiri yakni perbuatan yang sungguh-sungguh bukan untuk dipermainkan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka seorang suami hendaknya memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas dalam masalah hukum perkawinan Islam. Khususnya agar suami mengerti dampak yang ditimbulkan dari kata talak, dan mengetahui akan prosedur rujuk yang baik menurut ketentuan hukum islam dan hukum Negara. Dan Perlu adanya penyuluhan dan sosialisasi yang lebih tegas lagi dari pihak KUA untuk meningkatan mutu perkawinan masyarakat, serta menyuarakan bahaya talak, dan menjadi fasilitator rujuk yang dipercaya oleh masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku yakni Kompilasi Hukum Islam (KHI).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muawikin, Muawikinmuawikin80@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keluarga
Keywords: Hukum Islam; rujuk; talak ba'ín kubra
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muawikin Muawikin
Date Deposited: 13 Nov 2017 04:10
Last Modified: 13 Nov 2017 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21181

Actions (login required)

View Item View Item