Membangun kesadaran dalam pengelolaan hasil tambak: upaya pendampingan ibu-ibu dalam usaha peningkatan olahan hasil tambak untuk penguatan ekonomi keluarga di Desa Wadak Lor Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nazzah, Nyimas (2017) Membangun kesadaran dalam pengelolaan hasil tambak: upaya pendampingan ibu-ibu dalam usaha peningkatan olahan hasil tambak untuk penguatan ekonomi keluarga di Desa Wadak Lor Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nyimas Nazzah_B92213067.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada kelompok Khotmil Qur'an perempuan RT 1 dan RT 2 sebagai bentuk penguatan ekonomi keluarga melalui kemandirian berwirausaha. Dengan membangun kesadaran terhadap potensi yang dimiliki, agar mampu untuk menghasilkan hal-hal yang bernilai positif terhadap keluarga. Sehingga aset yang pada awalnya tidak dimanfaatkan dengan baik, kini mampu meningkatkan kreatifitas dan pendapatan untuk mendongkrak perekonomian keluarga. Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), yakni pendampingan dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memobilisasi aset untuk meraih tujuan yang diinginkan. Asset Based Community Development (ABCD) memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh seluruh manusia / masyarakat dalam melakukan perubahan sosial. Melalui kegiatan yang menciptakan kemandirian perempuan (Ibu-ibu kelompok dampingan) dalam meningkatkan penghasilan, maka dibentuklah kelompok wirausaha Kerupuk Ikan Mujaer dan Keringking yang selama ini terbuang dengan percuma karena harga jual rendah dan ketidakmampuan untuk mengolah komoditas tersebut. Pelatihan dan uji coba pembuatan kerupuk berdampak kepada perubahan pola pikir kelompok dampingan, bahwa kelompok tersebut mampu berdaya dengan memanfaatkan kemampuan yang mereka miliki. Agar menghasilkan produk bernilai jual tinggi dan mampu menuju ke perubahan yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nazzah, Nyimasnyimas_nazza@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Kesadaran aset; usaha peningkatan olahan ikan; penguatan ekonomi keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nazzah Nyimas
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:15
Last Modified: 06 Feb 2018 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21240

Actions (login required)

View Item View Item