This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Natsir, M. Nashiruddin (2017) تطوير اختبار قبول المسجلينبجامعة علي بن أبي طالب الإسلامية بسورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (635kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (727kB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) |
||
Text
Bab 2.pdf Download (956kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Download (747kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (642kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana tingkat validitas tes, tingkat kesukaran dan daya beda dari tes ujian masuk yang digunakan di Sekolah Tinggi Agama Islam Ali Bin Abi Thalib Surabaya, atau untuk mengetahui apakah tes yang digunakan sudah dikatakan sebagai tes yang baik atau belum. Serta penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan tes masuk yang telah ada, dan meneliti
sejauh mana tingkat validitasnya, tingkat kesukarannya, daya bedanya dan hasil uji coba lapanganya Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini memiliki tiga tahap; Analisis butir soal ujian yang ada, prototipe, dan penilaian. Hasil analisis butir ujian masuk Sekolah Tinggi Agama Islam Ali Bin Abi Thalib Surabaya adalah sebagian butir soal perlu dilakukan perubahan di beberap soal, dikarenakan tingkat validitas, daya beda dan tingkat kesukarannya sangat rendah bahkan terbalik, dan perlu dilakukan perubahan Karena sebagian soalnya menggunakan pertanyaan teoritis, bukan aplikatif. Prototipe yang ada telah melalui validasi dari Ahli, dan dinyatakan layak untuk diuji cobakan, dengan perubahan kecil dari prototipe soal yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) alat uji bahasa Arab yang dirancang sudah valid (isi dan validitas konstruk) berdasarkan sudut pandang ahli dan / atau reviewer dengan nilai 90%; 2) Penggunaan alat tes bahasa Arab dalam proses uji coba lapangan tidak menghadapi masalah dapat dilihat dari hasil uji coba lapangan; Dan 3) Tes ujian masuk
sudah efektif yang bisa dilihat dari nilai yang didapat mahasiswa, namun hasil Analisa validates, daya beda dan tingkat kesukarannya kurang-cukup, Karena object penelitian
adalah mahasiswa yang telah mempelajari Bahasa arab selama kurang lebih 1 semester, sehingga object penilitan telah memiliki dasar yang cukup untuk menjawab butir-butir
soal ujian masuk yang telah dikembangkan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab | ||||||
Keywords: | Pengembangan Butir Soal; Pengembangan Ujian; SPMB | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Natsir M. Nashiruddin | ||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2017 08:29 | ||||||
Last Modified: | 13 Nov 2017 08:29 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21268 |
Actions (login required)
View Item |