Tipologi manhāj tokoh agama Kecamatan Taman tentang ruislag benda wakaf Masjid Sabilun Najah Bebekan Timur Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alam, Reza Mulana Bahrul (2017) Tipologi manhāj tokoh agama Kecamatan Taman tentang ruislag benda wakaf Masjid Sabilun Najah Bebekan Timur Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan dengan judul Tipologi Manhāj Tokoh Agama Kecamatan Taman Tentang Ruislag Benda Wakaf Masjid Sabilun Najah Bebekan Timur Kabupaten Sidoarjo adalah untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana implementasi ruislag benda wakaf yakni masjid Sabilun Najah Bebekan Timur kabupaten Sidoarjo? dan Bagaimana pandangan tokoh agama kecamatan Taman tentang ruislag benda wakaf masjid Sabilun Najah Bebekan Timur kabupaten Sidoarjo? dan Bagaimana peta tipologi manhāj tokoh agama kecamatan Taman tentang ruislag benda wakaf masjid Sabilun Najah Bebekan Timur kabupaten Sidoarjo dalam prespektif empat mazhab? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deduktif yang data penelitiannya dihimpun melalui wawancara dan dokumentasi dengan pihak ketua TPT tol Sumo, nazhir, kepala KUA dan tokoh agama kecamatan Taman. Selanjutnya data yang berhasil dihimpun, dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: Pertama, ruislag masjid Sabilun Najah terjadi dengan beberapa tahap yang diawali dengan pengajuan permohonan oleh nazhir kepada KUA Taman, pengajuan kepala KUA ke Departemen Agama Sidoarjo, pembentukan tim ruislag oleh Departemen Agama Sidoarjo yang dilanjutkan dengan permohonan SK kepada Bupati Sidoarjo dan penerusan permohonan ke Kanwil Departeman Agama, permintaan persetujuan oleh Kanwil kepada Menteri Agama dan diakhiri dengan pelaksanaan dan pelaporan ruislag oleh nazhir kepada Badan Pertanahan; Kedua, terdapat variasi pandangan tentang ruislag masjid Sabilun Najah (1) Tidak membolehkan dengan alasan imam Syafi’i melarang perubahan terhadap benda wakaf; (2) Awalnya tidak membolehkan lalu membolehkan dengan alasan keterpaksaan; (3) Membolehkan dengan alasan pertimbangan kemaslahatan. Ketiga, terdapat tipologi manhāj tokoh agama kecamatan Taman berdasarkan pandangan mereka. Dan ditemukan tiga model manhāj yakni manhāj ikhtiyȃt{, manhāj taisȋr dan manhāj moderat. Sejalan dengan kesimpulan di atas, hendaknya tokoh agama kecamatan Taman untuk tidak fanatik kepada satu mazhab dalam memberikan pandangannya untuk menyikapi suatu permasalahan dan lebih mempertimbangkan faktor kemaslahatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alam, Reza Mulana Bahrulreza.maulana.b.a@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Ruislag; Benda wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alam Reza Maulana Bahrul
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:31
Last Modified: 14 Nov 2017 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21286

Actions (login required)

View Item View Item