Eksistensi manusia sebagai khalifah di muka bumi: menurut Ibnu Katsir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahuri, Sofwan (2017) Eksistensi manusia sebagai khalifah di muka bumi: menurut Ibnu Katsir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (816kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (509kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (993kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Skripsi iniadalah hasil penilitian kepustakaan dengan judul “EKSISTENSI MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH DI MUKA BUMI (Menurut Ibnu Katsir)” penilitian ini bertujuan untuk mengungkap Bagaimana kedudukan manusia dimuka bumi dalam perspektif al-Quran dan Bagaimana peran dan tanggungjawab manusia sebagai kholifah di muka bumi? Sehingga untuk membahasnya memerlukan penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitiannya diperleh dari kajian teks (tekt reading) dan selanjutnya dianalisis menggunakan pola pikir deduktif. Persoalan terbesar sepanjang masa yang senantiasa dihadapi manusia adalah tentang diri manusia itu sendiri. Siapakah manusia itu, untuk apa diciptakan, serta apa peran dan tanggungjawab yang harus dilakukannya.. Berbicara tentang manusia tidak pernah ada habisnya, berbagai teori ilmu pengetahuan dan aliran pemikiran telah membicarakannya dari sudut pandang yang berbeda, bahkan agama pun ikut membicarakan tentang manusia. Dalam sudut pandang agama yaitu islam, dalam al-Qur’an manusia dikatakan al-insan, al-annas, al-basyr, bani adam dan duruyat adam. Yang mengartikan bahwa manusia adalah makhluk yang paling mulia diantara makhluk lainnya, yang telah di berikan kelebihan dan keistimewaan oleh Allah pada dirinya yang tidak dimiliki leh makhluk lain, yaitu berupa akal, agar manusia mampu membedakan mana yang baik man yang buruk dan mampu menciptakan kehidupan yang baik. Sedangkan hakikatmanusia dalam islam yaitu suatu keberadaan yang mendasari diciptakannya manusiayang telah diberi amanat untuk mengaturbumi (khalifah) yaitu untuk mengabdidan beribadah kepada Allah. Manusia diciptakan di bumi sebagai pengganti Allah atau khaliah yang mempunyai peran dan tanggungjawab. Peran serang khalifah dimuka bumi ini diantaranya yaitu memutuskan perkara yang diperselisihkan,sabar kedudukan, kehrmatan, sifat ketegasan, menjadi hakim ditengahumat manusia, mensyukuri semua apa yang diberikan Allah, dan selalu taat akan perintah-perintah-Nya. Dan bertanggungjawab atassegala tindakan dan perilaku yang dilakukan di muka bumi, yang nanti pada akhirnya, pada hari perhitungan (yaumul hisab) akan diperhitungkan semua tindakan dan prilakunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahuri, Sofwansaucengfals@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Manusia; Khalifah; Ibnu Katsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Sahuri Sofwan
Date Deposited: 17 Nov 2017 08:22
Last Modified: 17 Nov 2017 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21434

Actions (login required)

View Item View Item