Study pendidikan Budi Pekerti (Akhlaq) perspektif Ki Hajar Dewantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imyani, Fiki (2012) Study pendidikan Budi Pekerti (Akhlaq) perspektif Ki Hajar Dewantara. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (941kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21448

Abstract

Era globalisasi yang melanda seluruh dunia. Melihat realita yang ada dalam kehidupan mansyarakat, globalisasi selain membawa dampak positif bagi kehidupan juga membawa dampak negatif. Adapun dampak negatif dari globalisasi ialah Globalisasi memunculkan satu kebiasaan baru dalam masyarakat dan konswnerisme Dan globalisasi akan dapat mengancam moral akhlak) bangsa. Dalam rangka mengantisipasi hal tersebut seorang tokoh pendidikan Nasional yaitu Ki Hadjar Dewantara yang mempunyai gagasan tentang konsep pendidikan budi pekerti. Berpijak dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan budi pekerti menurut Ki Hadjar Dewantara. Adapun tujuan diiakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengaplikasikan konsep konsep pendidikan budi pekerti menurut Ki Hadjar Dewantara. Penelitian yang penulis lakukan itu adalah termasuk dalam penelitian library research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif analisis kritis. Dan agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disampaikan di sini bahwa konsep pendidikan budi pekerti menurut Ki Hadjar Dewantara dalam menanamkan moral pada anak didik terdiri dari beberapa komponen, yaitu: Maksud dan tujuan pendidikan budi pekerti adalah berusaha memberikan nasenat-hasehat, materi-fi'iateri, anjuran-anjuran yang dapat mengarahkan anak pada keinsyafan dan kesadaran akan perbuatan baik yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, mulai dari masa kecilnya sampai pada masa dewasanya agar terbentuk watak dan kepribadian yang baik untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Dalam proses pendidikan tersebut harus ada pendidik dan anak didik. Bertolak dari kesimpulan yang telah diuraikan di atas, perlu kiranya penulis memberikan swnbangan pemikiran berupa saran-saran antara lain, Pendidikan budi pekerti menurut Ki Hadjar Dewantara memiliki maksud dan tujuan yang bagus, serta tetap relevan hingga saat ini, di tengah dekadensi moral yang melanda bangsa ini. konsep pendidikan budi pekerti tersebut perlu diterapkan dalam usaha penanaman moral negerasi muda saat ini. Sebagai seorang guru hendaknya dapat menjadi tauladan yang baik bagi anak didiknya, sehingga seorang guru barus dapat "digugu dan ditiru" oleh anak didiknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imyani, Fiki--UNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Pendidikan; Budi Pekerti; Ki Hadjar Dewantara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2017 06:23
Last Modified: 01 Nov 2018 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21448

Actions (login required)

View Item View Item