Upaya kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Yevi (2012) Upaya kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (692kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21463

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: faktor siswa, kurikulurn, tenaga kependidikan, dana, sarana dan prasarana, pengelolaan/ manajemen, dan faktor lingkungan. Apabila faktor-faktor tersebut bermutu, dan proses belajar juga bermutu maka akan dapat menghasilkan lulusan yang bermutu pula. Sarana dan prasarana memegang peranan penting dalam menunjang tujuan pendidikan yang sekaligus menunjang pembangunan, serta keterampilan dalam mengelolanya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari. 2) Untuk mengetahui pengadaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari. 3) Untuk mengetahui perawatan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari. 4) Untuk mengetahui penginventarisasian sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Negeri Mojosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, interview, dokurnentasi, dan wawancara. Dan analisis datanya yang telah kami lakukan telah diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: Pertama, dalam merencanakan sarana dan prasarana dengan diadakannya rapat, membuat susunan rencana dan menyelek.si sarana dan prasarana yang dibutuhkan dengan melihat dana yang ada, dan menentukan pengadaan akhir. Kedua, dalam mengadakan sarana dan prasarana prosedur yang dilakukan dengan menganalisis apa saja kebutuhan dan fungsi sarana dan prasarana sekolah, mengklasifikasikan sarana clan prasarana apa saja dibutuhkan, membuat proposal pengadaan sarana dan prasarana yang ditujukan kepada kepala kementrian agama kantor wilayah jawa timur. Ketiga, dalam merawat sarana dan prasarana dengan cara perawatan sehari-hari dan berkala. Keempat, dalam proses inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan kepala sekolah menggunakan upaya yang berbeda dalam melaksanakan kegiatan pengadministrasian barang Vl inventaris. Diantara upaya kepala sekolah tersebut antara lain dengan cara memberi kode sarana dan prasarana di sekolah dan mengadministrasikan barang investaris. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar I) kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana agar dapat ditingkatkan lagi agar dapat dijadikan titik tolak untuk meningkatkan dalam hal mengelola sarana dan prasarana pendidikan di sekolah yang dipimpinnya dalam rangka pendayagunaan secara optimal dan mencapai tujuan yang diinginkan. 2) Wakil kepala sekolah agar meningkatkan kerja sama dengan petugas sarana dan prasarana yang lain dalam mengelola sarana dan prasarana. Pada bagian perencanaan, pengadaan dan perawatan sudah baik clan sesuai dengan teori yang ada. Hanya saja pada bagian inventarisasi hams lebih ditingkatkan lagi, agar pengetahuan tentang inventaris pendidikan bukan hanya sebagai waw tetapi sebagai suatu kesatuan dalam proses pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. 3) Selalu melakukan komunikasi yang aktif dengan pihak terkait, khususnya pada pengawas dan pejabat dinas pendidikan kota Mojokerto agar lebih meningkatkan pengawasan tentang inventarisasi sarana dan prasarana di setiap sekolah sehingga kebijakan yang diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, melalui meningkatkan inventarisasi sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Yevi--UNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Keywords: Kepala sekolah; sarana prasarana sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:42
Last Modified: 01 Nov 2018 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21463

Actions (login required)

View Item View Item