Pengelolaan keuangan Madrasah Berstandar Intemasional (MBI) di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Waru I Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, Amirul Yunus (2012) Pengelolaan keuangan Madrasah Berstandar Intemasional (MBI) di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Waru I Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (832kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sistem penggalian sumber pendapatan keuangan madrasah yang tidak hanya menggantungkan kepada pemerintah yang hanya sekitar 30 % dari total kebutuhan biaya operasional madrasah, akan tetapi mampu menggali sumber pendapatan keuangan secara mandiri. MINU Waru I Sidoaijo merupakan lembaga pendidikan yang berstandar intemasional dan juga merupakan madrasah berstandar intemasional dengan menjalin keijasama dengan Laboratory Basic Education State University Of Malang dengan No. 70/KM. 148/B.02.08/VI/’09. Sehingga membuka International Class Program dan untuk pendanaannya ditanggung secara mandiri oleh madrasah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui sumber pendapatan keuangan Madrasah Berstandar Intemasional (MBI) dan selanjutnya adalah 2. Untuk mengetahui pengelolaan keuangan Madrasah Berstandar Intemasional (MBI) di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Warn I Sidoaijo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, karena penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang tidak memerlukan analisis statistik. Akan tetapi berupa pendiskripsian permasalahan berdasarkan rumusan masalah yang akan diteliti. Metode yang peneliti jadikan acuan meliputi observasi, wawancara dan dokvunentasi. Hasil dari penelitian yang penulis teliti antara lain: bahwa sumber pendanaan yang berasal dari pemerintah tidak mencukupi, sehingga dibutuhkan altematif penggalian dana melalui partisipasi wali murid, partisipasi alumni, membangun kemitraan dengan instansi terkait seperti pelatihan kompetensi guru oleh LAPIS dan us aha mandiri yang berupa pengembangan kantin dan kopereasi madrasah. Pengelolaan keuangan MINU Waru I Sidoaijo direncanakan dengan tahapan pemetaan madrasah dan dalam penyusunan RAPBM dilaksanakan berdasarkan Activity Based Costing. Pengorganisasian keuangan dilaksanakan oleh bendahara madrasah yang mempunyai tugas mengkoordinasi pemasukan dan pengeluaran keuangan madrasah. Sedangkan pada pembelanjaannya dilaksanakan berdasarkan skala prioritas kepada pembelajaran dan juga kemanfaatan, untuk pengawasan keuangan dilakukan secara rutin baik oleh kepala madrasah maupun komite dan juga pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, Amirul YunusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Pengelolaan; keuangan; Madrasah Berstandar Internasional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2017 08:07
Last Modified: 23 Nov 2017 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21465

Actions (login required)

View Item View Item