Pengaruh prestasi belajar bidang study Aqidah Akhlak terhadap akhlak siswa di SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziana, Masitho Muhandisah (2012) Pengaruh prestasi belajar bidang study Aqidah Akhlak terhadap akhlak siswa di SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Masitho Muhandisah Fauziana_D31208033.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21475

Abstract

Penelitian ini membahas tentang prestasi belajar bidang study aqidah akhlak terhadap akhlak siswa. Prestasi belajar sangatlah berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Jika proses pembelajaran baik maka prestasi belajar siswa pun akan baik. Dan alangkah baiknya jika prestasi belajar dan akhlak siswa pun sama-sama baik. Sehingga harus ditanamkan dalam diri siswa nilai-nilai akhlakul karimah. Pendidikan aqidah akhlak dapat dipandang sebagai suatu wadah untuk membina dan membentuk tingkah laku siswa dalam mengembangkan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) serta pembiasaan (psikomotorik). Jadi tidak hanya prestasi belajarnya saja yang unggul, melainkan akhlaknya pun harus unggul sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan keimanan dalam diri siswa yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat dirumuskan suatu permasalahan 3ebagai berikut: 1) Bagaimana prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa di SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya? 2) Bagaimana pembentukan akhlak siswa di SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya? 3) Adakah pengaruh prestasi belajar Aqidah Akbak terhadap pembentukao akblak siswa di SMP Kyai Hasyirn Tenggilis Surabaya? Obyek dari penelitian ini adalah sebuah lembaga pendidikan formal yaitu SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya dengan jumlah populasi 251 siswa. Adapun srunpel penelitian ini diambil 30% yaitu 80 siswa. Penelitian ini rnenggunakan jenis peoelitian kuantitatif untuk memberikan data dan fakt:a mengenai tingkat prestasi belajar siswa bidang study aqidah akhlak terhadap akhlak siswa. Sebagai usaha mengumpulkan data yang relevan dengan. penelitian ini, maka penulis membutuhkan validasi dengan rnenggunakan beberapa metode yakni metode observasi, metode interview, metode angket, dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data yang terkumpul dalam rangka pengujian hipotesis dan memperoleh kesinipulan mengenai keterkaitan antara dua variabel, penulis menggunakan perhitungan statistik "product moment". Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh prestasi belajar bidang study aqidah akhlak terhadap akhlak siswa di SMP Kyai Hasyim Tenggilis menunjuk.kan tingkat yang tinggi dengan korelasi product moment sebesar 0,77. Dari hasil tersebut menunjukk an ada pengaruh yang signifikan karena berada pada jarak panjang interval antara 0,70 sampai 0,90 yang berarti tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziana, Masitho Muhandisah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi belajar; aqidah akhlak; akhlak siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2017 06:50
Last Modified: 01 Nov 2018 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21475

Actions (login required)

View Item View Item