Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (pembelajaran berdasarkan masalah) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Nurul Hidayah Banyubang Solokuro Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sariroh, Laynatus (2012) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (pembelajaran berdasarkan masalah) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Nurul Hidayah Banyubang Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Laynatus Sariroh_D31208040.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21477

Abstract

Untuk memperbaiki mutu pendidikan baik dari segi proses maupun basil pendidikan, Model peinbelajaran Problem Based Instruction merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir tingkat tinggi. Pendidikan di sekolah­ sekolah yang bermula terpusat pada guru, berganti menjadi terpusat pada murid. Sehingga dalam proses pembelajaran ini, aktifitas lebih banyak tertuju pada siswa. Berpijak dari permasalahan di atas, penulis perlu mengadakan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Yang bertujuan untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran Problem Based Instruction pada mata pelajaran Fiqih, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi eksperimen. Dari hasil penelitian tersebut dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata yaitu (3.3) yang terletak diantara (3.0 -3.9). Sedangkan dilihat dari keaktifan belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata baik, dengan rata-rata mencapai (3.14). Dari analisis data yang diperoleh pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih yang menggunakan rumus regresi linear melalui bantuan spss, dapat dilihat dari hasil penelitian yang ada dimana hasil Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu 4.005 > 2,086 dengan signifikansi 0,001. Sebagai konsekuensi Tmtung > Ttabel. maka Ho ditolak atau Ha diterima. Dengan demikian maka terbukti bahwasannya ada pengaruh antara problem based instruction (X) dengan keaktifan belajar (Y).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sariroh, Laynatus--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Model pembelajaran; problem base instruction; pembelajaran berdasarkan masalah; keaktifan belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2017 07:21
Last Modified: 01 Nov 2018 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21477

Actions (login required)

View Item View Item