التحليل التقابلي بين الحال في اللغة العربية الاءندونيسية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Fatimah (2012) التحليل التقابلي بين الحال في اللغة العربية الاءندونيسية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fathimah_A51208014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang dibahas di dalamnya adalah: (i) apa saja persamaan antara adverbia bahasa Arab dan adverbia bahasa Indonesia; (ii) apa saja perbedaan antara adverbia bahasa Arab dan adverbia bahasa Indonesia; (iii) apa saja kesulitan yang dialami orang Indonesia dalam mempelajari adverbia bahasa Arab. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka penelitian literatur skripsi ini digunakan metode analisis kontrastif, yaitu dengan pendekatan deskriptif dan perbandingan antara dua bahasa yaitu bahasa sumber ( I ) dan bahasa tujuan atau asing (2) serta penentuan prediksi kesulitan yang mungkin muncul dari pengontrasan keduanya bagi si penutur asli. Sedangkan dalam pembahasan dan penjelasannya ditempuh metode induktif dan deduktif untuk mengkaji persamaan dan perbedaan antara adverbia bahasa Arab dan adverbia bahasa Indonesia secara terperinci dan komprehensif dengan menggunakan perangkat ilmu linguistik yaitu ilmu kontrastif bahasa sebagai alat analisisnya. Dari hasil penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa terdapat beberapa persamaan dan perbedaan antara adverbia bahasa Arab dengan adverbia bahasa Indonesia, baik ditinjau dari prespektif bentuk, istilah, fungsi, makna dan distribusinya dalam sebuah kalimat. Persamaan yang cukup segnifikan dapat dilihat dari prespektif fungsinya, sedangkan perbedaan diantara keduanya yang cukup lebih terlihat adalah dari prespektif makna, bentuk dan distribusinya dalam sebuah kalimat. Poin-poin persamaan dalam adverbia bahasa Arab dan bahasa Indonesia tidak bersifat menyulitkan bagi orang Indonesia yang ingin mempelajarinya, akan tetapi dari poin­ poin perbedaan tersebut timbullah kesulitan bagi mereka yang ingin mempelajarinya baik dari segi pemahaman atau pembelajaran adverbia bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, FatimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Adverbia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:48
Last Modified: 27 Nov 2017 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21486

Actions (login required)

View Item View Item