Pelaksanaan kurikulum muatan lokal kitab kuning di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghozali, Imam (2012) Pelaksanaan kurikulum muatan lokal kitab kuning di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Ghozali_D03207069.pdf

Download (979kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21487

Abstract

Pendidikan dapat berhasil apabila kurikulumnya disusun dengan baik yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selanjutnya untuk pembentukan sariat Islam yang seutuhnya kepada peserta didik tidak hanya mengkaji kurikulum inti saja, tetapi dibutuhkan juga kurikulum muatan local . Hal ini diperlukan untuk pengembangan program pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah, minat dan kebutuhan peserta didik dan kebutuhan daerah. Berdasarkan latar belakang di atas MTsN Tambakberas sebagai lembaga pendidikan Islam yang berada ditengah-tengah masyarakat yang masih kental keberagarnaanya merasa perlu melaksanakan kurikulum muatan lokal yang berupa latar belakang munculnya muatan lokal, tujuan, pelaksanaan dan setrategi kitab kuning. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaiamana penerapan kurikulum muatan lokal di MTsN Tambakberas yang mencakup. Latar belakang munculnya, tujuan,pelaksanaan, dan setrategi, muatan lokal kitab kuninng. Berdasarkan hal di atas maka peneliti memilih MTsN tambakberas Jombang sebagai tempat penelitian. Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisa datanya menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraian data-datanya berdasarkan gejala-gejala yang tampak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum muatan local yang meliputi tujuan, penentuan isi kurikulum muatan lokal, yang berupa Fiqih kitab, akhlak kitab, tauhid kitab, nahwu shorof, dll dalam proses pembelajaran telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun pengaruh penerapan kurikulurn muatan local dalam pembentukan karakter terhadap siswa kuarang terlaksana dengan baik. Dengan adanya metode atau setrategi pembelajaran dikelas serta interaksi guru dan siswa diharapkan bisa merubah siswa dalam keilmuanya khususnya pada muatan lokal kitab kuning ini, karena isi dari kitab kuning berupa materi agama Islam yang sangat dalam. Dalam pembentukan karakter Islam yang utuh digunakan dua pola yaitu pola piker dan polajiwa (prilaku).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghozali, Imam--UNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Keywords: Kurikulum muatan lokal; kitab kuning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2017 04:21
Last Modified: 01 Nov 2018 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21487

Actions (login required)

View Item View Item