Peran guru bimbingan konseling dalam menyikapi dampak Facebook di Sekolah Menengah Atas Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silvi, Silvi (2010) Peran guru bimbingan konseling dalam menyikapi dampak Facebook di Sekolah Menengah Atas Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Silvi_D03205052.pdf

Download (685kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21492

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Dampak facebook bagi siswa di SMA Wahid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. 2. Peran guru bimbingan konseling di SMA Wahid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif analisis diskriptif, menganalisis peran guru bimbingan konseling terhadap dampak facebook di SMA Wahid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil oleh peneliti mengenai peran guru bimbingan konseling terhadap dampak facebook di sini adalah, peran guru bimbingan di sekolah sudah cukup bagus serta dampak positif maupun negatif tidak terlalu parah karena siswa di sini mengenal facebook hanya untuk menambah teman dan sebagian dari siswa menggunakan facebook untuk konsultasi pada guru bimbingan konseling. Adapun peran guru bimbingan konseling terhadap dampak facebook yaitu dengan mengantisipasi dan memberikan gambaran mengenai dampak kegunaan dan cara menggunakan facebook serta adanya layanan dan bimbingan konseling lewat facebook. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil yang diperoleh adalah dampak facebook pada siswa tidak terlalu parah baik pada dampak positif maupun negatifnya. Walau begitu guru bimbingan konseling tetap mengantisipasi dengan pengontrolan dan mengencek facebook para siswa lewat facebook guru bimbingan konseling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silvi, Silvi--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Komunikasi
Media Massa
Keywords: Media sosial; Facebook
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2017 07:56
Last Modified: 01 Nov 2018 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21492

Actions (login required)

View Item View Item