Kunci sukses gerakan masyarakat sipil berbasis Sufisme: kajian atas gerakan Hizmet M. Fethullah Gulen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Sokhi (2017) Kunci sukses gerakan masyarakat sipil berbasis Sufisme: kajian atas gerakan Hizmet M. Fethullah Gulen. In: The 17th Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2017, 20-23 November 2017, Jakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Sokhi Huda_Kunci Sukses Gerakan Masyarakat Sipil Berbasis Sufisme.pdf

Download (500kB) | Preview
Official URL: http://diktis.kemenag.go.id/aicis/file/dokumen/415...

Abstract

Kajian ini mengkaji kunci sukses gerakan hizmet M. Fethullah Gülen sebagai gerakan masyarakat sipil berbasis sufisme, dengan perspektif analisis Hermeneutik Hans-Georg Gadamer dan Fenomenologi James L. Cox. Terdapat tiga pokok kesimpulan dalam kajian ini. Pertama, Gülen adalah tokoh kharismatik dan cendekiawan muslim-Turki dengan pengaruh utama pemikiran Said Nursi. Dengan basis sufisme, Gulen menginspirasi gerakan hizmet sehingga sangat sukses sebagai gerakan transnasional yang paling mengglobal. Kedua, hizmet merupakan gerakan masyarakat sipil Islam transnasional yang menekankan layanan altruistik dan telah menarik banyak pendukung di lebih dari 160 negara. Inspirasi gerakan ini meliputi pendidikan, dialog antariman dan antarbudaya, serta bantuan dan pelayanan sosial. Dalam hizmet sufisme berperan sebagai landasan moral bagi dedikasi sosial secara tulus. Ketiga, hizmet memiliki tiga faktor yang menjadi kunci suksesnya, yaitu (1) sufisme sebagai ruh layanan tanpa pamrih, (2) kemanjuran visi gerakan hizmet dalam kemasan pemikiran baru yang progresif, (3) kemampuan mengarahkan berbagai sumber ke dalam modal sosial yang efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Sokhisokhihuda81@zoho.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Tasawuf
Keywords: Sufisme; gerakan masyarakat sipil; gerakan hizmet
Divisions: Karya Ilmiah > Conference
Depositing User: Sokhi Huda
Date Deposited: 27 Mar 2018 08:33
Last Modified: 27 Mar 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21498

Actions (login required)

View Item View Item