Narkoba dan terapi psikosufistik: studi analisa terhadap cara penyembuhan mental pecandu Narkoba di Pondok Pesantren Suryalaya (Inabah XIX) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faricha, Faricha (2012) Narkoba dan terapi psikosufistik: studi analisa terhadap cara penyembuhan mental pecandu Narkoba di Pondok Pesantren Suryalaya (Inabah XIX) Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Faricha_E01208023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh para remaja dan orang dewasa pada masa sekarang merupakan dampak negatif dari kemajuan peradaban. Dampak tersebut menimbulkan banyak perubahan yang menyangkut aspek jasmani (tingkah laku dan gaya hidup) maupun aspek rohani (menurunya kadar keimanan). Karena secara tidak langsung seseorang yang telah menyalahgunaan narkoba telah kehilangan jiwa spiritulnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan cara yang digunakan oleh Pondok Pesantren Suryalaya dalam menyembuhkan para remaja yang tercandu obat-obatan terlarang (narkoba) dan menjelaskan hubungan antara psikoterapi dan tasawuf dalam menyembuhkan pecandu narkoba. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi yang berjudul "Narkoba dan Psikosufistik (Studi Analisa Terhadap Cara Penyembuhan Mental Pecandu narkoba di Pondok Pesantren Suryalaya (Inabah XIX Surabaya) ini adalah: (1)Bagaimana cara penanganan para pecandu narkoba di Pondok Pesantren Suryalaya (Inabah XIX Surabaya,(2) Bagaimana dampak yang didapat oleh pasien setelah mengikuti psikoterapi Islam di Pondok Pesantren Suryalaya (Inabah XIX Surabaya Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber studi lapangan (field research) yaitu Pondok Pesantren Suryalaya (Inabah XIX)Surabaya dengan mengadakan wawancara dan observasi secara langsung terhadap cara yang digunakan oleh Pondok Pesanren Suryalaya (Inabah XIX) Surabaya dalam menyembuhkan korban penyalahgunaan narkoba serta melakukan studi kepustakaan sebagai landasan teori yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.Sesuai dengan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa banyak manfaat yang diberikan oleh tasawuf untuk kesehatan manusia baik fisik maupun psikis. Seperti yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Suryalaya (Inabah XIX) Surabaya dalam menyembuhkan mental para pecandu narkoba yaitu dengan menggunakan metode terapi tasawuf dan pendekatan psikologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faricha, FarichaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Narkotika
Keywords: Narkoba; Terapi Psikosufistik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2017 03:40
Last Modified: 28 Nov 2017 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21500

Actions (login required)

View Item View Item