Peran Sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru di MA Miftahul Ulum Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholidiyah, Susan (2012) Peran Sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru di MA Miftahul Ulum Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Susan Cholidiyah_D0120615.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran sertifikasi guru dal am meningkatkan profesionlitas guru di MA Miftahul Ulum Gondang Mojokerto. Bagaianakah sertifikasi yang ada di MA Miftahul Ulum Gondang Mojokerto. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi uji sertifikasi. Oleh karena itu peneliti menfokuskan pada tiga masalah, 1. Bagaimana pelaksanaan sertifikasi guru di MA Miftahul Ulum Gondang Mojokerto, 2. Bagaimana profesionalitas guru di MA Miftahul Ulum Gondang Mojokerto yang telah selesai sertifikasi, 3. Bagaimana peran sertifikasi guru terhadap profesionalitas Guru di MA Miftahul Ulum Gondang, Mojokerto. Adanya sertifikasi diharapkan akan menjadikan seseorang menjadi guru yang profesional. Penelitian ini menggunakan Pendekatan deskriptif-kualitatif yang di arahkan untuk menunjukkan fakta atau kejadian secara sistematis dan akurat mengenai kondisi tertentu sebagaimana fokus penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dcngan cara: obserfvasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianaiisis. dalam bentuk prosentase seianjutnya ditarik kesimpulan. Laporan penelitian disajikan dalam bentuk uraian deskriptif yang dilengkapi dengan tabel-tabel. Hasil dari penelitian ini adalah Peran sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru sangat baik, karena dengan adanya sertifikasi. guru-guru menjadi lebih antusias dalam mcndidik siswa, metode pcmbclajaran mcreka lebih terprogram. Mereka juga lebih mengembangkan metode-metode pembeiajaran agar lebih bervariatif. Guru yang telah mengikuti sertifikasi berjumlah 7 orang, berdasarkan data angket yang disebarkan kepada guru sebanyak 97.14% guru menjawab (ya). Hasil prosentase tcrscbut menyatakan bahwa guru MA Miftahul Ulum Gondang Mojokerto benar profesional. Saran bagi Kcpala sckolah MA Miftahul Ulum Gondang Mojokerto khususnya, agar menambah jaringan keija dengan pihak-pihak sekoiah lain atau pcrusahaan guna untuk menunjang proses pendidikan yang lebih baik. Bagi guru- guru dan stafhya harus lebih mebingkatkan tugas dan tanggungjawabnya masing- masing scbagai guru dan staf sekoiah. ytapi yang icbin bcrpcran pcnting dalam meningkatkan proses pembeiajaran adalah guru, yang harus memberikan motifasi atau bimbingan dan atau masalah iainnya yang dirasa siswa be rat untuk dipccahkan. Bagi siswa dan siswi MA Miftahul Ulum Gondang Mojokerto agar lebih meningkatkan motivasi untuk lebih giat belajar, agar menjadi pribadi yang unggul dalam bidang akademik dan intelektual serta pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholidiyah, SusanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Sertifikasi guru; profesionaliatas guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2017 09:08
Last Modified: 28 Nov 2017 09:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21507

Actions (login required)

View Item View Item