Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhoyyaroh, Siti (2012) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Mukhoyyaroh_D01208172.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan adalah : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan; 2) Bagaimana pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan ; 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : 1) Observasi untuk memperoleh data tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share); 2) Angket untuk memperoleh data tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih; 3) Interview dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data gambaran umum obyek penelitian. Analisis yang digunakan adalah 1) prosentase ; dan 2) product moment. Berdasarkan masalah tersebut di atas dan setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa : 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) adalah baik, hal ini dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan nilai sebesar 80,2%; 2) pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih tergolong baik. hal ini dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan nilai sebesar 69,9%; 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Al Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan, berdasarkan analisis diperoleh rxy= 0,208 dengan jumlah responden 41 sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% adalah 0,316 dan taraf signifikansi 1% adalah 0,408. Jadi rxy lebih kecil dari pada rtabe1 yang berarti hipotesa altematif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima atau disetujui. Sedangkan jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai "r" dimana nilai rxy berada diantara 0,20 - 0,40 yang berarti korelasinya lemah atau rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhoyyaroh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Model pembelajaran kooperatif; Think Pair Share; studi fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2017 08:20
Last Modified: 07 Dec 2017 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item