Pesarean Eyang Bu Gadung: perspektif masyarakat Islam Kauman Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdiana, Wahyuni (2012) Pesarean Eyang Bu Gadung: perspektif masyarakat Islam Kauman Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wahyuni Nurdiana_E02208005.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini penulis ingin menjawab Rumusan masalah: Bagaimana deskripsi keberadaan pesarean Eyang Bu Gadung di Kauman Bojonegoro. Bagaimana kepercayaan pengunjung pesarean Eyang Bu Gadung, Bagaimana tanggapam masyarakat Islam Kauman Bojonegoro terhadap pesarean Eyang Bu Gadung. Berkaitan dengan ketiga rumusan masalah tersebut, peneliti telah menemukan hasil dari lapangan bahwa pesareaan Eyang Bu Gadung di desa Kauman kecamatan Bojnegoro kabupaten Bojonegoro. Menurut para pengunjung bahwa Eyang Bu Gadung adalah seorang wanita yang tertua di Kauman, beliau santri berilmu tinggi yang pertama kali tinggal di wilayah desa kauman Bojonegoro tersebut, Eyang Bu Gadung ini mempunyai peran yang besar dalam kehidupan warga Desa Kauman, karena ia merupakan orang pertama yang babat alas Desa ini dan Eyang Bu Gadung lah yang merupakan orang yang memberikan nama pada desa Kauman. sehingga Pesarean Eyang Bu Gadung dipercaya oleh warga sekitar tentang kekeramatanya yang bisa mendatangkan berkah. Dengan adanya Kepercayaan seperti itu masyarakatpun banyak yang datang ke Pesarean Eyang Bu Gadung untuk meminta berkah dengan cara melakukan ritual-ritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdiana, WahyuniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Keywords: Pesarean; Eyang Bu Gadung; Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2017 07:37
Last Modified: 12 Dec 2017 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21619

Actions (login required)

View Item View Item