أغراض الاجتماعية في شعر الامام الشافعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dahlan, Juwairiyah (2012) أغراض الاجتماعية في شعر الامام الشافعي. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Juwairiyah Dahlan_ أغراض الاجتماعية في شعر الامام الشافعي.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21637

Abstract

Skripsi yang berjudul "Analisis Sosial Sastra Dalam Syair Imam Syafi'i"membahas tentang sejauh mana peran Imam Syafi'i dalam masyarakat sehingga terkenal dengan sebutan "Madzhab Syafi'i", ajarannya dianut oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Jadi, penulis mencari hubungan timbal balik saling mempengaruhi antara pengarang, masyarakat, dan karya sastra. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode strukturalisme genetik- ekstrinsik. Berangkat dari latarbelakang tersebut penulis melakukan analisis sosial sastra dalam syi'ir Imam Syafi'i. Di dalam analisis ini ada tiga rumusan masalah yang dibahas, yaitu; bagaimana biografi Imam Syafi;i, apa tujuan sosial sastra menurut para sastrawan, apa pemikiran sosial Imam Syafi'i dalam syi'irnya. Analisis ini penulis lakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan kepustakaan, yang pengambilan datanya dari sumber-sumber pustaka, data-data yang terkumpul dari berbagai sumber yang membicarakan mengenai tema utama dari analisis ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode berfikir Deduktif, Induktif, dan menggunakan metode pendekatan ilmiah, kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif analisis. Setelah berbagai proses atau analisis dilakukan, maka mencapai beberapa kesimpulan dalam penelitian ini bahwa : ( 1 ). Imam Syafi'i adalah ulama yang hidup pada masa Abbasiyyah nama aslinya Abu 'abdillah Muhammad bin Idris bin Abbas. Nasab beliau bertemu dengan Nabi pada kakeknya Abdul Manaf. Beliau hijrah dari Palestina tempat lahirnya ke Makkah pada umur 2 tahun, disana beliau menghafal AI-Qur'an dan mempelajari bahasa dan sastra selama dua tahun sehingga beliau fasih dalam berbahasa Arab, disamping itu beliau bergaul dengan kaum yang pandai berbahasa Arab. Imam Syafi'i tidak membuat buku khusus bahasa dan Sastra Arab, tetapi tidak diragukan kefasihannya. (2). Yang dimaksud sosial sastra adalah para pengkritik, sejarawan dan orang-orang yang memperhatikan hubungan antara pengarang dan strata sosial, pengarang dan hasil karya sastranya, pembaca dan pengaruh karya sastra. Sedangkan analisis sosial sastra adalah analisis yang diarahkan pada syi'ir dengan metode Strukturalisme Genetik yaitu metode dialek yang membahas tentang susunan masyarakat yang ada dalam sebuah karya sastra. (3). Adapun syi'ir Imam Syafi'i adalah sebagai sarana dakwah untuk memperbaiki akhlak seperti kebaikan ketakwaan, dan petunjuk. Ummat yang dimaksud oleh Imam Syafi'i adalah mereka yang dapat mejadi ummat beragama, adil, dan berperilaku baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dahlan, Juwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Keywords: Sastra sosial; biografi Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2017 06:59
Last Modified: 20 Aug 2018 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21637

Actions (login required)

View Item View Item