Pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap minat belajar mata pelajaran Fiqh di MTs. Nusantara Sukodadi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naqiyah, Durrotun (2012) Pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap minat belajar mata pelajaran Fiqh di MTs. Nusantara Sukodadi Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durrotun Naqiyah_D01208095.pdf

Download (24MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs. Nusantara Sukodadi Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang digunakan untulc mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap minat belajar siswa materi Fiqih di MTs. Nusantara Lamongan. Penelitian ini merupalcan penelitian kuantitatif deslcriptif dan menggtmakan desain penelitian pre-test and post-test group design, serta menggunakan data statistik dengan Rumus Uji "t" atau "Ties" Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang pertama tentang bagaimana penerapan model Advance Organizer terhadap pembelajaran Fiqih di MTs. Nusantara Lamongan, kedua mengenai minat siswa dalam pembelajaran Fiqih di MTs. Nusantara Sukodadi Lamongan, ketiga tentang bagaimana pengaruh minat siswa dalam pembelajaran Fiqih dengan model pembelajaran Advance Organizer di MTs. Nusantara Sukodadi Lamongan. Dan i kesimpulan penelitian ini dapat dilihat dan i rata-rata sebesar 3,65 yang berarti sangat baik. Praktek pengajaran Advance Organizer tersusun atas perencanaan, pembukaan clan tindakan serta penutup yang terpola menjadi tiga tahap. Hasil pengamatan pada pelaksanaaan pembelajaran Advance Organizer materi Fiqih di MTs. Nusantara; Keterampilan kooperatif guru pada tiap siklus yang menunjulckan rata-rata 4,51 yang berarti sangat baik. Pada kemampuan kontekstual guru dalam Advance Organizer dapat dilihat dan i rata-rata 4,48 yang berarti baik. Dan i basil analisis keterampilan kooperatif siswa dapat diketahui tergolong sangat baik dengan jumlah rata-rata 3,79. Untuk pengamatan aktifitas siswa dalam pembelajaran Advance Organizer menunjukkan rata-rata 97,5. Berdasarkan angket respon siswa menyatakan senang dengan prosentase 79,56%. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan Uji hipotesis dua populasi dengan hasil t = 0,66 dan penentuan nilai t dan i daftar tabel yaitu 1,87 dapat diketahui bahwa thitung> 4 label 0,66> 1,87 berarti Ho ditolak dan Ha yang diberikan dapat diterima yaitu adanya pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap minat belajar siswa pada materi Fiqih di MTs. Nusantara Sukolilo Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naqiyah, DurrotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan > Pembelajaran
Informasi
Keywords: Model pembelajaran; advance organizer; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2017 08:13
Last Modified: 13 Dec 2017 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21641

Actions (login required)

View Item View Item