Membumikan puisi Abu Al Qasim Al Syabi sebagai ruh kehidupan modern: telaah puisi dalam psikologi sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dahlan, Juwairiyah and Hasanah, Mauidhotul and Misbah, Ahmad and Zuhri, M. Ali and Hasanah, Nur and Didyantari, Asri Eka (2013) Membumikan puisi Abu Al Qasim Al Syabi sebagai ruh kehidupan modern: telaah puisi dalam psikologi sosial. Other thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Juwairiyah Dahlan_LapPenel Membumikan Puisi Abu Al Qasim Al Syabi.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21653

Abstract

Berpijak pada judul "Membumikan Puisi Abu al-Qasim al-Syabi Sebagai Ruh Kehidupan Modem" adalah sebagai upaya mengambil manfaat dari karya al­ Syabi yang berbentuk puisi yang diterapkan untuk masyarakat modern sekarang ini. Di mana berita-berita yang .tersebar di surat kabar khususnya "Jawa Pos" tahun 2012 sangat heboh baik mengenai keberhasilan atau kegagalan. Dengan memilih-milih eklektik/intiqa'i puisi al-Syabi kita gunakan menasehati problema kehidupan masyarakat modem ini. Untuk diucapkan sangat salut bagi yang meraih keberhasilan dan didoakan terns akan berhasil, amin. Bagi yang gagal kita beri spirit bangkit, tabah, semoga kegagalan itu hanya keberhasilan yang tertunda. Dengan mengaplikasikan puisi al-Syabi sebagai Ruh Kehidupan modem ini agar kita tak tersesat, tidak putus asa, tidak panas hati, justru malah hati dingin, nerimo ing pandum demi bangkit kembali, untuk sukses mencariridha Allah SWT. amin. Hasil penelitian sebagai berikut: Puisi al-Syabi dapat digunakan sebagai sumber nasihat (untuk setelah al­ Qur'an dan al-Hadits) pada seseorang yang telah sukses atau yang masih gagal dalam menempuh cita-cita hidup. Sasaran puisi al-Syabi yang telah sukses jangan sombong karena kesuksesannya, dan yang belum sukses/gagal, jangan bersedih, tetap berusaha dan untuk mencapai sukses, karena usaha itu sebagai karunia Allah SWT. dan bersabar/tabah sebagai hamba yang bersyukur/beriman. Puisi al-Syabi tepat sebagai sumber nasihat peristiwa/berita di Jawa Pos, karena puisi bisa diserap siapapun/dari agama manapun yang berhati nurani/beriman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dahlan, Juwairiyah--UNSPECIFIED
Hasanah, MauidhotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Misbah, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Zuhri, M. AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Hasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Didyantari, Asri EkaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Psikologi Sosial
Puisi
Keywords: Puisi Abu Al Qasim Al Syabi; ruh kehidupan modern; psikologi sosial
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2017 08:45
Last Modified: 18 Dec 2017 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21653

Actions (login required)

View Item View Item