Islam dan pengembangan kemandirian ekonomi: peran komunitas keagamaan terhadap pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat di Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanto, Erli (2010) Islam dan pengembangan kemandirian ekonomi: peran komunitas keagamaan terhadap pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat di Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Erli yanto_B02304011.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21678

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji tentang peran Komunitas Kegiatan Keagamaan (Islam) dalam upaya pengembangan Kemandirian Ekonomi Masyarakat di Desa Seddur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran Komunitas Kegiatan Keagamaan dalam upaya pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat, serta factor-faktor apa yang mempengaruhinya. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti mengunggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif sehingga bisa menggambarkan data-data di lapangan lebih detail dan mendalam, dengan bantuan nara sumber yang terlibat langsung dalam acara-acara kegiatan keagamaan yang ada di desa seddur kecamatan pakong kabupaten pamekasan. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa komunitas kegiatan keagamaan memililki peran yang signifikan terhadap pengembangan kemandirian ekonomi masyarakat. hal ini bisa dilihat dari posisi ajaran agama islam sebagai motivasi mereka untuk terus mengembangkan kualitas hidupnya. Dalam upaya tersebut khususnya dalam hal ekonomi masyarakat kemudian menjadikan komunitas kegaitan keagamaan sebagai media untuk mengembangkan kualitas kehidupan ekonomi mereka. Diantaranya adalah dengan model arisan, dimana masyarakat bisa sedikit demi sedikit menabung uangnya dalam komunitas tersebut, model tabungannya ini sebenarnya agak mirip dengan simpan pinjam. tetapi tanpa bunga ataupun barang jaminan. Yang kedua adalah melalui Uang Kas komunitas kegiatan tersebut, dimana disetiap kegiatan para anggota diminta uang kas seikhlasnya, kemudian uang kas tertentu dipinjamkan kapada orang yang membutuhkan untuk modal pengembangan ekonomi mereka. Dan selama ini uang kas tersebut dimanfaatkan oleh warga untuk, membuka usaha, ternak sapi, kambing dan ayam, serta dimanfaatkan juga untuk modal pertanian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanto, Erli--UNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Islam; pengembangan masyarakat; kemandirian ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:32
Last Modified: 18 Dec 2017 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21678

Actions (login required)

View Item View Item