Pemikiran KH. M. Basori Alwi tentang waqf dan ibtida'dan relevansinya dengan tafsir al-Qur'an: studi kritis terhadap kitab Qamus Miftah al-Hudafi Ma'rifat al-Waqf wa al-Ibtida

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Ahmad (2010) Pemikiran KH. M. Basori Alwi tentang waqf dan ibtida'dan relevansinya dengan tafsir al-Qur'an: studi kritis terhadap kitab Qamus Miftah al-Hudafi Ma'rifat al-Waqf wa al-Ibtida. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Najib Ar_E63207015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kitab yang disusun oleh KH. M. Basori Alwi, salah seorang pakar Ilmu Tajwid dan Tilawah al-Qur'an dari Malang Jawa Timur, merupakan kamus praktis untuk mengetahui Waqf dan lbtida' yang benar ketika membaca al-Qur'an. Hingga kini belum pemah dilakukan penelitian tentang karya yang tergolong langka tersebut. Bahkan penelitian akademik mengenai pemikiran KH.M. Basori Alwi sendiri juga minim ditemukan. Padahal sebagai seorang tokoh al-Qur'an, integritas, dedikasi dan otoritas intelektual dalam bidang al-Qur'an telah diakui secara nasional, bahkan internasional. Berangkat dari itulah, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pemikiran KH. M. Basori Alwi tentang Waqf dan Ibtida'? 2) Bagaimana• relevansi pemikiran KH. M. Basori Alwi tentang Waqf dan Ibtida' dalam Qamus Miftah al-Hudafi Ma'rifat al-Waqf wa al-lbtida' dengan Tafsir al-Qur'an? Dalam menjawab permasalahan tersebut penelitian m1 bersifat kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Agar mendapatkan analisis yang mendalam tentang pemikiran KH. M. Basori Alwi yang tercermin dalam kitab tersebut digunakan metode content analysis. Data primer yang digunakan adalah kitab Qamus Miftah al-Hudafl Ma'rifat al­ Waqf wa al-Ibtida' yang menjadi obyek penelitian ini. Untuk menganalisis relevansi pemikiran dalam kitab tersebut digunakan beberapa literatur yang relevan, terutama dalam bidang Tafsir dan ilmu Tajwid yang digunakan sebagai data sekunder. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pemikiran KH. M. Basori Alwi tentang Waqf dan Ibtida' dalam perspektif ilmu Tajwid, baik secara teoritis maupun praktis, sesuai dengan teori-teori dan kaidah-kaidah dasar yang terdapat dalam sejumlah literatur ilmu Tajwid. Sementara dalam perspektif Tafsir,. basil penelitian ini juga menunjukkan bahwa rumusan Waqf dan Ibtida' dalam Qamus Mftah al-Hudafi Ma'rifat al-Waqf wa al-lbtida' sangat relevan dengan pemahaman Tafsir yang terdapat dalam beberapa literatur yang mu'tabar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Waqf dan Ibtida'; KH. M. Basori Alwi; Qamus Miftah al-Huda fl Ma'rifat al-Waqf wa al-Jbtida'; Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2017 04:14
Last Modified: 18 Dec 2017 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21681

Actions (login required)

View Item View Item