Pengembangan aplikasi Plagiarism Checker of Sunan Ampel (PCSA) sebagai deteksi plagiasi karya ilmiah di UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan Algoritma Winnowing

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thohir, Muhammad and Ulinnuha, Nurissaidah and Novitasari, Dian C. Rini (2017) Pengembangan aplikasi Plagiarism Checker of Sunan Ampel (PCSA) sebagai deteksi plagiasi karya ilmiah di UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan Algoritma Winnowing. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Thohir dkk_Pengembangan aplikasi Plagiarism Checker of Sunan Ampel.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan internet semakin pesat hal ini berimbas kepada semakin banyaknya informasi yang tersedia. Hal ini memudahkan seseorang dalam melakukan penjiplakan suatu karya. Maraknya informasi yang tersedia secara online menjadikan kebiasaan copy–paste tanpa menyebutkan referensi menjadi mudah dan jamak dilakukan, sehingga karya ilmiah yang dibuat tanpa disadari menjadi hasil plagiasi dari karya ilmiah lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain aplikasi pendeteksian plagiat pada karya ilmiah menggunakan algoritma Winnowing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Aplikasi pendeteksian plagiat yang dihasilkan berbasis desktop. Aplikasi yang dibangun berhasil mendeteksi kalimat yang sama antara berkas yang diuji dengan berkas yang ada pada repositori. Berdasarkan uji kelayakan baik dengan uji kelompok kecil maupun uji kelompok besar, aplikasi deteksi plagiasi yang dibangun merupakan aplikasi yang termasuk kualifikasi valid dan layak digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Ulinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Novitasari, Dian C. Rinidiancrini@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Plagiat; karya ilmiah; aplikasi desktop; Winnowing; research and development
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Ahmad Hanif Asyhar
Date Deposited: 21 Mar 2019 08:33
Last Modified: 21 Mar 2019 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21719

Actions (login required)

View Item View Item