Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar pada siswa Kelas VIII MTs. Ma'arif NU Assa'adah I Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Labibi, Ahmad Masyhud (2012) Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar pada siswa Kelas VIII MTs. Ma'arif NU Assa'adah I Bungah Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Masyhud Labibi_D33205011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kuantitatif, dan masalah yang diambil adalah tentang Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII MTs. Ma'arif NU Assa'adah IBungah Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Kecerdasan Spiritual Siswa di kelas VIII MTs. Ma'arif NU Assa'adah Bungah Gresik. Untuk mengetahui Prestasi Belajar Siswa di kelas VIII MTs. Ma'arif NU Assa'adah I Bungah Gresik. Dan untuk hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar siswa di kelas VIII MTs. Ma'arif NU Assa'adah Bungah Gresik. Guna menjawab permasalahan di atas, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan beberapa macam metode, diantaranya dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angtket. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni dengan menggunakan metode penelitian populasi dan sampel. Populasi dari obyek penelitian ini sejumlah 122 siswa dan dari populasi tersebut penulis hanya mengambil 54% dari jumlah tersebut. Dengan demikian hasilnya sebanyak 66 siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari jumlah rxy didapat hasil 0,61 dan setelah dikonsultasikan dengan tabel "r" ternyata 0,61 berada di antara 0,40 sampai 0,70. hal ini berarti antara variabel x (kecerdasan spiritual) dan variabel y (prestasi belajar) terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Setelah itu dikonsultasikan pada tabel r product moment, maka dapat diketahui bahwa db sebesar 64 dengan perhitungan product moment pada taraf signifikan 5 % = 0,250 (tt). Jadi dapat disimpulkan bahwa antara variabel x (ujian nasional) dan variabel y (kondisi psikologis siswa) ada korelasi positif yang signifikan karena to > tt. Ini artinya bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII MTs. Ma'arif NUAssa'adah Bungah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Labibi, Ahmad MasyhudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Kecerdasan Spiritual; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:45
Last Modified: 03 Jan 2018 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21809

Actions (login required)

View Item View Item