This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulidiyah, Nurul (2012) Efektivitas model cooperative learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nurul Maulidiyah_D31208038.pdf Download (1MB) |
Abstract
Proses pendidikan dalam sistem persekolahan kita, umumnya belum seberapa menerapkan model pembelajaran yang mengacu pada keberhasilan belajar siswa secara keseluruhan, yaitu keberhasilan pada aspek kognitif, psikomotor dan afektif siswa. Dan keberhasilan belajar siswa itu juga sangat dipengaruhi oleh model yang digunakan dalam pembelajaraannya. Oleh karena itu, bila berbicara tentang rendahnya daya serap atau prestasi belajar, maka salah satu adalah karena belum terwujudnya keterampilan pembelajaran siswa alctif. Masalah keberhasilan dalam belajar menyangkut masa depan siswa lebih-lebih bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model kooperatif adalah salah satu usaha dalam pendidikan yang bertujuan memaksimalkan belajar guna menghasilkan prestasi yang baik dalam penguasaan terhadap kompetensi khususnya di bidang Pendidikan Agama Islam (PAD. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana pelaksanaan model Cooperative Learning terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bagaimana prestasi belajar siswa SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, Bagaimana efektivitas model cooperative learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa angka dan i hasil perhitungan. Untuk menganalisis data tentang pelaksanaan model Cooperative Learning terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam, menggunakan rumus prosentase, sedangkan analisis terhadap keefektivan model cooperative learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, menggunakan rumus uji "t". Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pelaksanaan pembelajaran PAI dengan model kooperatif sudah baik dalam penerapannya, dan bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Hal ini terbukti dengan frekuensi jawaban A terbanyak pada model kooperatif adalah 384 dan prestasi belajar siswa 408. lni menunjukkan bahwa keduanya dalam kategori baik. Dapat diperoleh bahwa efektivitas model cooperative learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam adalah kategori tinggi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||
Keywords: | Model cooperative learning; prestasi belajar; mata pelajaran PAI | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 04 Jan 2018 07:35 | ||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 07:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21829 |
Actions (login required)
View Item |