Efektivitas pendekatan realistik dalam meningkatkan prestasi belajar Matematika pada anak tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmawati, Ana (2011) Efektivitas pendekatan realistik dalam meningkatkan prestasi belajar Matematika pada anak tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ana Rohmawati_B07207043.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian Sidoaijo, melalui pendekatan realistik. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 2/C SLB Aisyiyah Krian Sidoaro, yang berjumlah 7 siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimental dan jenis desain penelitiannya adalah one group pretest posttest desaign. Instrument pengumpulan data melalui observasi, check list dan dokumentasi sehingga hasil data dianalisis dengan mengunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon ( Wilcoxon signed rank test). Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata sebelum lebih kecil dari nilai rata-rata sesudah diberikan pendekatan realistik, yaitu 4,14 < 7,71 menyatakan adanya perubahan yang signifikan pada prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita. Berdasarkan pada kolom Asymp Sig (2 tailed) sebesar 0,008 atau signifikansi < 0,05 (0,008 > 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan prestasi belajar matematika antara sebelum dan sesudah diberikan pendekatan realistik pada anak tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian sidoaijo. Jadi dapt disimpulkan bahwa pendekatan realistik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita di SLB Krian Sidoaijo terbukti siswa lebih bersemangat, lebih dapat memahami karena siswa mendapatkan contoh yang lebih konkrit dan nyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmawati, AnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Psikologi > Tuna Grahita
Keywords: Pendekatan realistik; prestasi belajar matematika; anak tunagrahita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2018 08:10
Last Modified: 04 Jan 2018 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21831

Actions (login required)

View Item View Item