Pengaruh media kartun humor terhadap pengajaran muhadatsah siswa Mts Nurul Hikmah Kedung Cowek-Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siswandi, Didik (2012) Pengaruh media kartun humor terhadap pengajaran muhadatsah siswa Mts Nurul Hikmah Kedung Cowek-Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Didik Siswandi_D32205011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 yang disempumakan menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 bahwa setiap individu memiliki potensi yang hams dikembangkan. Maka dan i itu proses pembelajaran yang relevan adalah yang mampu menggali daripada potensi tersebut, agar anak selalu kreatif dan berkembang. Upaya inilah yang selalu diupayakan oleh MTs Nurul Hikmah Kedungcowek Surabaya dengan berbagai inovasi-inonasi baru guna mengembangkan sistem pengajaran yang strategis, efektifitas dan sinergi dengan potensi anak. Maka dan i itu kami mencoba merumuskan inovasi barn juga dalam melakukan pengajaran muhadatsah kususnya, yakni dengan media pembelajaran menggunakan kartun humor, dan selanjutnya diteliti dalam skripsi saya yang berjudul : "Pengaruh Media Kartun Humor Terhadap Pengajaran Muhadatsah Di MTs Nurul Hikmah Kedung Cowek Surabaya". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengarunya penggunaan media kartun humor yang merupakan inovasi proses pengajaran muhadatsah di sekolah tersebut dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Hikmah dan sebagai sample adalah seluruh siswa kelas VIIIC. sampling tersebut adalah dengan . Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, angket, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan penggunaan media kartun humor terhadap pengajaran muhadatsah, yang mana siswa lebih menjadi lcreatif dan antusias terhadap keberadaan media tersebut. Hasil ini dapat dilihat dan i hasil perbandingan besamya F x y atau to dengan Ft seperti yang telah diketahui bahwa telah diperoleh 0,478. Sedangkan Ft masing-masing 0,361 dan 0,463. Dengan demikian temyata bahwa to lebih besar daripada Ft baik pada taraf significant 5 % maupun 1 % to > Ft . Hal ini berarti hipotesa kerja diterima dan hipotesa nol ditolak. Dan i interpretasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media kartun humor cukup berpengaruh terhadap pengajaran Muhadatsah siswa kelas VIII MTs Nurul Hikmah Kedung Cowek — Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siswandi, DidikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Media kartun humor; pengajaran muhadatsah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2018 07:40
Last Modified: 05 Jan 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21840

Actions (login required)

View Item View Item