Sejarah Hukum Perkawinan Islam di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, Nafi’ (2012) Sejarah Hukum Perkawinan Islam di Indonesia. Al-Hukama': Jurnal Hukum Keluarga Islam di Indonesia, 2 (2). pp. 139-163. ISSN (p) 2089-7480/(e) 2548-8147

[img] Text
Nafi’ Mubarok_Sejarah Hukum Perkawinan Islam di Indonesia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB) | Request a copy
Official URL: http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/alhukuma/a...

Abstract

Sepanjang sejarah Indonesia, wacana Undang-undang Perkawinan selalu melibatkan tiga kepentingan; agama, negara dan perempuan. Oleh karena itu, perlu pemahaman undang-undang perkawinan, terutama dari aspek sejarahnya, dikarenakan (1) mengetahui pengaruh kemayoritasan kaum muslimin Indonesia terhadap penerapan hukum Islam di Indonesia, dan (2) menentukan strategi pendekatan bangsa ini dengan hukum Islam. Kesimpulan dari tulisan ini adalah, pertama, pada masa penjajahan terdapat dua periode sejarah hukum perkawinan Islam dengan berlatar pada dua teori, yaitu teori receptio in complexu dan teori receptie. Kedua, dalam masa awal kemerdekaan lahir dua dua undang-undang perkawinan, yaitu Undang-undang Nomor 22 Tahun 1946 tentang Pencatatan Nikah, Talak, dan Rujuk serta Undang-undang no. 32 tahun 1954 Tentang Penetapan Berlakunya Undang-Undang Republik Indonesia Tanggal 21 Nopember 1946 Nomor 22 Tahun 1946 Tentang pencatatan Nikah, Talak dan Rujuk di Seluruh Daerah Jawa dan Madura. Ketiga, dalam masa setelah lahirnya Undang-undang No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan terdapat dua masa, yaitu (1) masa kelahiran undang-undang tersebut, dan (2) masa penerapan dari undang-undang tersebut dengan lahirnya Kompilasi Hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, Nafi’nafi.mubarok@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Hukum > Hukum Perdata
Keywords: Sejarah; Hukum Perkawinan Islam; Indonesia
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Dr Mubarok Nafi'
Date Deposited: 14 Mar 2019 06:54
Last Modified: 14 Mar 2019 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item View Item