Studi tentang upacara leliwet suku Tengger di Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Irma (2010) Studi tentang upacara leliwet suku Tengger di Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Farida_E02206003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis menggunakan penelitian lapangan, yaitu menggunakan teknik pengumpul data melalui wawancara atau interview dan dokumenter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan deskripsi tentang pelaksanaan upacara leliwet, pandangan dan hubungan ajaran Islam terhadap upacara leliwet. Metode yang digunakan adalah metode analisa deskriptif yaitu menjelaskan apa saja pelaksanaan upacara leliwet tersebut untuk memperoleh suatu kesimpulan. Beberapa macam upacara leliwet yang dilakukan di Desa Ngadirejo kecamatan Tutur diantaranya upacara tentang kenduri dan upacara bercocok tanam. Upacara leliwet merupakan ritual yang berada di tengah-tengah komunitas masyarakat Tengger. Ritual yang berada di Desa Ngadirejo Kecamatan Tutur Pasuruan memberi nilai positif bagi masyarakat setempat akhimya membuat kerukunan sesama antar umat beragama semakin baik dan rukun. Dari situ dapat diambil kesimpaulan bahwa kita sesama manusia harus saling menghormati antar umat beragama. Karena kita hidup dalam bermasyarakat masih membutuhkan bantuaan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, IrmaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Adat
Keywords: Upacara leliwet; Suku Tengger
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:03
Last Modified: 09 Jan 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21869

Actions (login required)

View Item View Item