Upaya menciptakan lingkungan sekolah sehat dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter Islami siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yudha, Shubuh Purna (2012) Upaya menciptakan lingkungan sekolah sehat dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter Islami siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Shubuh Purna Yudha_D01207243.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21879

Abstract

Banyak informasi, baik dari media massa atau media elektronik atau fenomena yang terjadi di masyarakat, yang menunjukkan adanya penurunan moralitas dan akhlak. Bangsa ini terlihat sudah kehilangan karakternya sebagai bangsa Indonesia yang identik dengan kejujuran, religius, toleransi, dan sebagainya. Hal demikian menjadi memudar dengan adanya kasus-kasus korupsi, tindak kekerasan, asusila, dan sebagainya. Padahal karakter itu sendiri berkaitan dengan keseluruhan performance seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Salah satu performance terhadap lingkungannya adalah menciptakan hidup sehat dan bersih. Dari fenomena tersebut, pembentukan karakter, khususnya Islami, harus ditanamkan sejak dini, yaitu sejak di bangku sekolah. Untuk itu, dalam penelitian ini dikaji bagaimana upaya menciptakan lingkungan sekolah sehat dalam mempengaruhi pembentukan karakter Islami? Objek penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3. Alasannya, karena sekolah ini adalah berbasis Islami dan ada indikasi sebagai sekolah yang bisa membentuk karakter siswa menjadi lebih baik ketika nanti hidup di masyarakat. Jadi, tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana penerapan lingkungan sekolah sehat bisa mempengaruhi karakter Islami siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3. Hasil penelitian berdasarkan analisa kuesioner, dari hasil angket menunjukkan bahwa banyak siswa Sangat Setuju (SS) pada variable menciptakan lingkungan sekolah sehat. Pada uji korelasi product moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,407. Hal ini menunjukkan adanya korelasi yang sedang antara upaya menciptakan lingkungan sehat dan karakter lslami. Hasil penelitian berdasarkan hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis Hi yang menyatakan bahwa ada pengaruh antara variabel upaya menciptakan lingkungan sehat dengan pembentukan karakter Islami siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3. Jadi, upaya untuk membentuk karakter Islami itu bisa dilakukan upaya menciptakan lingkungan yang sehat karena kebersihan itu sebagian dari iman. Jika iman (akhlak/karakter) baik maka harus bisa menjaga kebersihan dirinya, sekitarnya, dan lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yudha, Shubuh Purna--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pembentukan karakter Islami; lingkungan sekolah sehat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2018 01:57
Last Modified: 10 Jan 2018 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21879

Actions (login required)

View Item View Item