lmplementasi program kurikulum dan kesiswaan dalam penanaman akhlakul karimah pada siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Hidayah Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riyanto, Asis (2012) lmplementasi program kurikulum dan kesiswaan dalam penanaman akhlakul karimah pada siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Hidayah Sumenep. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asis Riyanto_D33208001.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21917

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Impelemntasi Program Kurikulum dan Kesiswaan dalam Penanaman Akhlakul Karimah pada Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Hidayah Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang pertama tentang bagaimana impelemntasi program kurikulum dan kesiswaan dalam penanaman akhlakul karimah, kedua indikator impelemntasi program kurikulum dan kesiswaan dalam penanaman akhlakul karimah,ketiga faktor pendukung dan penghambat impelemntasi program kurikulum dan kesiswaan dalam penanaman akhlakul karimah pada siswa di SDIT Al-Hidayah. Skripsi ini merupakan penelitian deskriptif- kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yakni observasi, interview, dan dokumentasi, serta untuk menjawab rumusan masalah yang ada, penulis menggunakan analisis data reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, sudah berjalan cukup baik, meskipun dalam penerapannya ada sedikit kendala-kendala atau problem-problem, serta adanya impelementasi program kurikulum dan kesiswaan memiliki kontribusi atau peran terhadap pendidikan siswa di SDIT Al-Hidayah sumenep, terutama dalam membantu kegiatan belajar mengajar dan pembentukan akhlak dalam membiasakan sehari-hari baik di sekolah maupun dirumah. Adapun implementasi dari program kurikulum dan kesiswaan dalam penanaman akhlakul karimah pada siswa, adalah dengan penggunaan berbagai konsep kurikulum integrated curriculum yang dilakukan oleh guru kelas sehingga dapat membantu siswa dalam belajar sesuai dengan kenyataan atau fakta-fakta yang ada serta bebas dalam menghubungkan dengan mata pelajaran yang lain, membuat siswa lebih realistis dalam belajar untuk kehidupan sehari-ahri, membantu proses pembelajaran interaktif-menyenangkan antara guru dan murid dalam pembiasaan akhlak, sehingga memudahkan pembentukan akhlak sehari-hari secara aplikatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riyanto, Asis--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Program kurikulum; program kesiswaan; akhlakul karimah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2018 07:10
Last Modified: 11 Jan 2018 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21917

Actions (login required)

View Item View Item