Analisis sistem dan model pendayagunaan dana infak di Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solihati, Indah Fatin (2017) Analisis sistem dan model pendayagunaan dana infak di Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Indah Fatin Solihati_C94213179.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana sistem pendayagunaan dana infak di Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Surabaya dan Bagaimana model pengambilan keputusan yang digunakan oleh YDSF Surabaya untuk menentukan penerima dana infak. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data berasal dari wawancara dengan 13 karyawan YDSF Surabaya, observasi langsung dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YDSF Surabaya dalam mekanisme pendayagunaannya menggunakan dua sistem yaitu sistem pendayagunaan dengan melalui pengajuan dari mustah}iq dan sistem pendayagunaan tanpa melalui pengajuan dari mustah}iq. Prosedur pendayagunaan dana dengan melalui pengajuan dari mustah}iq harus melalui beberapa tahap antara lain: proposal/berkas pengajuan masuk, cek kelayakan dan kelengkapan administrasi, layak kriteria, entry data, validasi berkas, survey, rapat keputusan hasil survey, pemberkasan hasil rapat, dan realisasi bantuan untuk mustah}iq. Sedangkan prosedur pendayagunaan dana tanpa melalui pengajuan dari mustah}iq ini terdapat pada program-program yang bersifat emergency dan harus segera dipenuhi. Misalnya bantuan untuk korban bencana alam, daerah rawan konflik, dan membantu orang yang sedang sakit atau kelaparan. Untuk prosedur pendayagunaannya, penanggung jawab program yang aktif mencari informasi-informasi terkait dan secara langsung terlibat dalam pemenuhan bantuan ke lapangan. Model pengambilan keputusan yang digunakan oleh YDSF Surabaya memiliki kecondongan menggunakan model campuran yaitu antara model matriks dan model pohon keputusan. YDSF Surabaya dalam proses pengambilan keputusan mulai dari pengajuan bantuan sampai pada tahap realisasi dibuat satu kali dan dilaksanakan secara paten dan berulang-ulang serta menyeluruh di semua bidang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solihati, Indah Fatinindahfatin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pengambilan Keputusan
Amil Zakat
Keywords: Sistem pendayagunaan infak; model pengambilan keputusan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Solihati Indah Fatin
Date Deposited: 12 Jan 2018 06:35
Last Modified: 15 Jan 2018 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21922

Actions (login required)

View Item View Item