Efektifitas kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di SMP Baitussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Fitriyah (2012) Efektifitas kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di SMP Baitussalam Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitriyah_D31208042.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21923

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas kurikulum pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di SMP baitussalam, yang mana keefektifan tersebut mencakup pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam Yang diterapkan Disekolah SMP Baitussalam Surabaya, dan yang menjadi obyek penelitian ini yakni kelas VIII A dengan jumlah 36 siswa sebagai populasi. Dalam penelitian ini, peneliti tidak menggunakan sampel, melainkan populasi dikarenakan kelas VIII hanya ada satu kelas, yaitu kelas VIII A . jenis penelitian yang peneliti gunakan yakni kuantitatif. yaitu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data-data lengkap yang berupa angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Untuk analisis data menggunakan teknik "korelasi product moment" yang kemudian dilanjutkan dengan analisis statistic terhadap besara nilai " r" dengan melihat Tabel Interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keefektifan kurikulum pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di SMP Baitussalam Surabaya. Dengan N=36. Temyata angka korelasi perhitungan (ro)= 11,8872 apabila dikonsultasikan dengan angka korelasi pada table (rt) dengan N=36 dengan taraf signifikan 5%=0.349 1%=0,449 ro>rt ( 0,449< 1 1,8872 >0,349) konsekuensinya (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, jadi ada pengaruh positif antara pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam dengan peningkatan kognitif siswa di SMP Baitussalam Surabaya. Dari nilai rxy yang diperoleh sebesar 1 1,8872 maka bila dikonsultasikan dengan table interprestasi secara kasar terletak antara 0,00-0,20. Berdasarkan pedoman atau ancar-ancar di atas. Dengan demikian berarti ada keefektifan positif antara variable X dan Variabel Y, namun korelasinya itu adalah korelasi yang sangat lemah atau sangat rendah. Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain, terutama mengenai kurikulum pendidikan agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Fitriyah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Kurikulum Pendidikan Agama Islam; kemampuan kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:00
Last Modified: 12 Jan 2018 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21923

Actions (login required)

View Item View Item