Strategi marketing travel umrah lintas darfiq dalam mempertahankan eksistensi dan menghadapi persaingan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjar, Miftahal (2017) Strategi marketing travel umrah lintas darfiq dalam mempertahankan eksistensi dan menghadapi persaingan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Miftahal Anjar_F02415093.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pasar sekarang berubah sangat cepat, pelanggan sangat sensitif terhadap harga, kompetitor baru bermunculan, saluran distribusi dan saluran komunikasi baru yang semakin canggih, hingga hadirnya teknologi yang mampu mendukung otomatisasi pemasaran dan penjualan. Setiap bisnis harus mampu menjadikan dirinya pemenang di dalam pasar yang selalu berubah dengan cepat. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran. Namun, pada kenyataannya beberapa masalah terjadi di pasar, antara lain : terjadinya kelebihan kapasitas yang berakibat terjadinya hypercompetition; terlalu banyak mengejar pelanggaan yang jumlahnya terus berkurang, kebanyakan produk kurang diferensiasi akibatnya banyak perusahaan yang mengalami penurunan pangsa pasar, stagnasi bahkan bangkrut karena tidak dapat bersaing Lintas Darfiq yang merupakan penyedia jasa perjalanan umrah yang bertempat di Karah Agung Nomer 1 Surabaya dan Ruko Planet Nomer 5 Jalan Lamongan, yang baru 4 tahun berjalan, dengan peningkatan jumlah jamaah yang terkadang tidak lebih dari 25 % yang kurang signifikan bagi pihak manajemen yang bisa dibilang stagnan karena manajemen belum berani perang harga, kurangnya manajemen dalam mencari informan dan pasar baru. Bagi Lintas Darfiq yang baru berkecimpung dalam bisnis travel umrah yang mayoritas berorientasi pada pasar Lamongan karena dalam pemasarannya lebih berorientasi pada sosok pembimbing yang sudah terkenal di Lamongan, terkadang nilai keunggulan ibadah yang dimilikinya tercoret karena kurangnya komitmen dalam hal kualitas. Pasar Surabaya sangat kritis dibandingkan pasar Lamongan agar dapat diterima oleh pasar Surabaya produk mereka harus mempunyai kualitas bagus dan tinggi untuk menghilangkan kesan kalau Lintas Darfiq Lamongan berkualitas rendah dari pada travel umrah lain di Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui survey pendahuluan dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Lintas Darfiq berada dalam kolom kedua pada baris kedua, dengan menggunakan Matriks IFAS dan EFAS masing-masing diperoleh skor IFAS = 2,90 dan EFAS = 2,46. Skor IFAS dan EFAS kemudian dimasukkan ke dalam Matriks IE dan kemudian ditarik garis vertikal dan horisontal, maka terjadi sebuah titik pertemuan pada kuadran V, yakni strategi diversifikasi konsentrasi, dan dijelaskan juga dalam diagram SWOT, Lintas Darfiq berada dalam kuadran 3 yang berarti perusaahaan menghadapi peluang pasar yang sangat besar tetapi dilain pihak menghadapi beberapa kendala atau ancaman eksternal. Fokus strategi perusahaan ini adalah meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan sehingga dapat mengatasi ancaman dan merebut peluang pasar yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjar, Miftahalmiftahalanjar.ma23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Personalia
Keywords: Strategi marketing; travel umrah; persaingan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anjar Miftahal
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:32
Last Modified: 15 Jan 2018 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21933

Actions (login required)

View Item View Item