Studi modernisasi sistem pendidikan di pondok pesantren Ainul Huda Kalirejo Sumberwaru Banyuputih Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamil, Moh. Cholil (2010) Studi modernisasi sistem pendidikan di pondok pesantren Ainul Huda Kalirejo Sumberwaru Banyuputih Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Cholil Jamil_D03206053.pdf

Download (16MB)

Abstract

Sebagai lembaga yang nota bene berbasis agama, pesantren pada awal mulanya merupakan pusat pendidikan nilai-nilai dan penyiaran agama Islam. Dengan mengembangkan kurikulum berbasis agama (religion-based curriculum), pesantren berorientasi melahirkan alumni yang mampu menjadi figur agamawan tangguh dan mampu memainkan peran propetiknya pada masyarakat secara umum. Namun, seiring dengan akselerasi perkembangan zaman, banyak pesantren yang melakukan modernisasi sistem pendidikan guna merespon perkembangan zaman serta tuntutan untuk senantiasa apresiatif sekaligus selektif dalam menyikapinya. Salah satunya adalah Pesantren Ainul Huda Kalirejo Sumberwaru Banyuputih Situbondo. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap motif yang melatar belakangi modernisasi sistem pendidikan di Pesantren Ainul Huda Kalirejo Sumberwaru Banyuputih Situbondo. Di samping itu, untuk menjelaskan model modernisasi sistem pendidikan yang telah diterapkan. Penelitian ini bertolak dan i pemikiran bahwa tujuan pendidikan tidak hanya berhenti pada upaya mencerdaskan peserta didik sena membentuknya sebagai manusia yang beriman, bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, tapi peserta didik juga dituntut untuk memiliki pengetahuan, ketrampilan, mandiri, sena bertanggung jawab pada masyarakat dan bangsa sehingga mempunyai kemampuan untuk merespon perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Telcnik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif Adapun langkah dalam teknik analisis data meliputi pengumpulan data reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian modernisasi sistem pendidikan di Pondok Pesantren Ainul Huda adalah suatu bentuk kepedulian terhadap peserta didik agar memiliki kehidupan yang baik di dunia maupun akhirat sehingga bisa beradabtasi dengan perkembangan zaman yang menuntut inovasi dalam pendidikan. Modemisasi atau inovasi sistem pendidikan tidak hanya mempertahankan tradisi salaf, tapi juga dengan mengembangkan model pendidikan formal, keterampilan, dan berbagai kursus yang sesuai dengan kontek zaman. Modemisasi sistem pendidikan tidak perlu menghapus metode tradisional tapi memerlukan penyesuaian dengan perkembangan pendidikan yang menjadi tuntutan zaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamil, Moh. CholilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pesantren
Pembaruan
Keywords: Modernisasi; sistem pendidikan; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2018 07:11
Last Modified: 15 Jan 2018 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21948

Actions (login required)

View Item View Item