Pola restrukturisasi pembiayaan murabahah: studi kasus pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Ismatul (2018) Pola restrukturisasi pembiayaan murabahah: studi kasus pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismatul Hayati_F52415089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana pola restrukturisasi pembiayaan murabahah, mengapa pola restrukturisasi konversi akad dipilih menjadi langkah restrukturisasi pembiayaan murabahah, dan apa saja bentuk pendukung dan kendala dalam pelaksanaan restrukturisasi konversi akad di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Darmo Surabaya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek yang diteliti. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara kepada informan yaitu Pimpinan Bank dan Divisi Pembiayaan Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Darmo Surabaya. Data tersebut kemudian dianalisis dengan pola pikir induktif yang berarti pola pikir yang berpijak pada fakta-fakta bersifat khusus, kemudian diteliti, dianalisis, dan disimpulkan menjadi pemecahan persoalan atau solusi yang dapat berlaku secara umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pola restrukturisasi pembiayaan murabahah di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Darmo Surabaya meliputi identifikasi pembiayaan bermasalah kemudian dilakukan upaya pengendalian dengan cara reconditioning, konversi akad, dan eksekusi jaminan. Kedua, alasan penggunaan konversi akad menjadi pola restrukturisasi pembiayaan murabahah di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Darmo Surabaya adalah untuk ta’awuniyah (tolong-menolong) dengan memberi tanggunh dan kelonggaran bagi nasabah yang kesulitan membayar kewajibannya. Ketiga, faktor pendukung dan kendala pelaksanaan konversi akad di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Darmo Surabaya tergantung pada i’tikad nasabah, kondisi usaha nasabah, manajemen internal bank, dan kondisi objek jaminan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, Ismatulismah.hayah3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Keywords: Restrukturisasi; pembiayaan murabahah bermasalah; upaya pengendalian
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hayati Ismatul
Date Deposited: 16 Jan 2018 08:26
Last Modified: 16 Jan 2018 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21974

Actions (login required)

View Item View Item