PERAN GESTURE (GERAK TUBUH) GURU SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN PERHATIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KETINTANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

WAHYUNINGTIAS, DITA (2015) PERAN GESTURE (GERAK TUBUH) GURU SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN PERHATIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KETINTANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan atau kegagalan dari setiap pelajaran tergantung pada keterampilan komunikasi yang dimiliki oleh guru didalam penyampaian suatu materi pembelajaran. Keterampilan tersebut dapat dilihat dari cara guru menyampaikan materi melalui intonasi ataupun gesture (gerak tubuh) guru yang digunakan untuk menarik perhatian siswa. Melalui gesture (gerak tubuh) guru diharapkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi menyenangkan bagi siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perhatian siswa pada aplikasi gesture (gerak tubuh) guru pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) untuk mengetahui implementasi gesture (gerak tubuh) guru sebagai upaya menumbuhkan perhatian siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) untuk mengetahui peran gesture (gerak tubuh) guru sebagai upaya menumbuhkan perhatian siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, yang mana penitik beratkan pada “Peran gesture (gerak tubuh) guru sebagai upaya menumbuhkan perhatian siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Dan teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini, menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) perhatian siswa pada aplikasi gesture pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ketintang Surabaya berjalan sangat baik dan antusias didalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari cara siswa memperhatikan penjelasan guru, menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari guru ataupun bertanya kepada guru tentang materi yang disampaikan oleh guru. 2) implementasi gesture sebagai upaya menumbuhkan
perhatian siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ketintang Surabaya berjalan sesuai dengan teori yang berdasarkan penelitian terdahulu yang telah dilaksanakan oleh Alibali dan Nathan, Gallase & Lakoff, Arzarello dkk. 3)
peran gesture guru sebagai upaya menumbuhkan perhatian siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ketintang Surabaya sangat berperan penting terhadap keberhasilan seorang guru didalam menyampaikan sebuah materi
pembelajaran dan sangat berpengaruh terhadap siswa karena dapat menarik perhatian siswa. Dari gesture guru tersebut siswa dapat tertarik terhadap apa yang disampaikan oleh guru dan siswa juga lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Drs.H.Syaifuddin,M.Pd.I
Creators:
CreatorsEmailNIM
WAHYUNINGTIAS, DITAUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Gesture; Gerak Tubuh;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 274 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 06:01
Last Modified: 18 Aug 2015 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item