Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap tingkat likuiditas koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah muamalah Berkah Sejahtera Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Mahmudah (2017) Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap tingkat likuiditas koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahmudah_C74213121.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap tingkat likuiditas Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Muamalah Berkah sejahtera Surabaya” ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap likuiditas (FDR) KSPPS Muamalah Berkah sejahtera Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan format deskriptif. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan uji F, dan uji analisis regresi berganda. Data penelitian terdiri dari Dana Pihak ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF) dan Financing to Deposit ratio (FDR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial DPK dan NPF tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR). Hasil t hitung variabel DPK sebesar -6,285 dan koefisien regresi variabel DPK menunjukkan angka negatif sebesar -2,630. Sedangkan variabel NPF memiliki hasil t hitung -6,022 dan koefisien regresi variabel NPF menunjukkan angka negatif sebesar -14,769. Sedangkan secara simultan variabel Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Financing to Deposit Ratio (FDR). Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung > F tabel (31,579 > 3,315). Kemampuan prediksi dari variabel DPK dan NPF terhadap FDR sebesar 63,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. Berdasarkan hasil tersebut, variabel DPK dan NPF secara simultan (bersama) mempengaruhi variabel likuiditas FDR. Oleh karena itu diharapkan kepada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya agar lebih memperhatikan DPK dan NPF supaya tingkat likuiditas tetap dalam kondisi baik dan sehat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, MahmudahMahmudah753@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keuangan Islam
Keywords: Dana Pihak Ketiga (DPK); Non Performing Financing (NPF); Likuiditas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahmudah Mahmudah
Date Deposited: 17 Jan 2018 03:44
Last Modified: 17 Jan 2018 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21981

Actions (login required)

View Item View Item