Peranan bimbingan dan konseling dalam upaya pencegahan gejala depresi siswa korban lumpur Lapindo di SMU Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Irmawan Kurnia (2010) Peranan bimbingan dan konseling dalam upaya pencegahan gejala depresi siswa korban lumpur Lapindo di SMU Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Irmawan Kurnia Putra_D03303015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji peranan BK dalam upaya pencegahan gejala depresi siswa korban lumpur Lapindo di SMU Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan peranan BK di SMU Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo, bagaimana pelaksanaan pencegahan depresi siswa korban lumpur Lapindo di SMU Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo, dan bagaimana peranan BK dalam pencegahan gejala depresi siswa korban lumpur Lapindo di SMU Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan dilakukan dengan metode observasi, wawancara, serta melihat data dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling di SMU Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjotelah sesuai dengan SK Mendikbud No 025/0/1995 yang menjelaskan peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok agar mampu mandiri, berkembang secara optimal dalam bidang bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma- norma yang berlaku. Depresi siswa korban lumpur lapindo secara umum tidak sampai terjadi, akan tetapi keadan psikologis yang ditunjukkan dengan perilaku di sekolah hanya sebatas gejala awal yang tidak sampai menimbulkan gangguan psikologis yang berat. Peranan bimbingan konseling dalam upaya pencegahan gejala depresi siswa korban lumpur Lapindo di SMU Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo bertujuan untuk melakukan upaya tindakan preventif awal dalam mengantisipasi gejolak dan gangguan psikologis siwa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Irmawan KurniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Depresi
Keywords: Bimbingan dan Konseling; Depresi; Korban lumpur Lapindo; SMU Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2018 03:37
Last Modified: 17 Jan 2018 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21986

Actions (login required)

View Item View Item