Pengaruh pengetahuan produk terhadap perilaku memilih lembaga keuangan syariah dengan sikap terhadap produk sebagai variabel intervening: studi pada masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faidah, Ani Nur (2017) Pengaruh pengetahuan produk terhadap perilaku memilih lembaga keuangan syariah dengan sikap terhadap produk sebagai variabel intervening: studi pada masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ani Nur Faidah_C04213009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan produk terhadap perilaku memilih lembaga keuangan syariah dengan sikap terhadap produk sebagai variabel intervening pada masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif asosiatif. Subjek penelitian ini ialah masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang yang berjumlah 147 responden dan hanya 141 responden yang dapat diolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, serta dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi logistik biner, dan analisis jalur dengan bantuan software IBM SPSS Statistics Version 24, Microsoft Excel 2010, dan interactive calculation tool for mediation tests. Adapun analisis data tersebut dilakukan setelah melakukan uji validitas, reliabilitas, dan uji kelayakan model regresi. Hasil pengujian data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga hasil uji analisis tergantung pada data yang diolah pada tiap hipotesisnya. Pertama, hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dengan sikap terhadap produk. Kedua, hasil uji regresi logistik biner menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dan sikap terhadap produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah. Dan ketiga, hasil analisis jalur menunjukkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah melalui sikap terhadap produk. Sehingga dengan demikian, sikap terhadap produk merupakan variabel pemediasi (intervening) dari pengaruh antara pengetahuan produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah. Adapun jenis pemediasinya adalah partial mediation. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan untuk lembaga keuangan syariah dan pemerintah lebih mengintensifkan lagi sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang lembaga keuangan syariah khususnya terkait dengan karekteristik produk, akibat penggunaan produk dan pencapaian nilai produk, dengan cara memanfaatkan media potensial yang belum tergarap di Desa Gambiran, seperti memanfaatkan masjid, musala, pondok pesantren, Taman Pendidikan Al-Quran dan majelis taklim sebagai media sosialisasi dan edukasi. Dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan untuk lebih mengeksplor faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku memilih selain pengetahuan produk dan sikap terhadap produk, seperti persepsi atau lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faidah, Ani Nurnurfaidahani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pengetahuan produk; Perilaku memilih; Lembaga Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Faidah Ani Nur
Date Deposited: 18 Jan 2018 03:05
Last Modified: 18 Jan 2018 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item View Item