Analisis peningkatan kesejahteraan nasabah pembiayaan mikro pada PT BRI Syariah KCP Mojokerto Bangsal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryaningsih, Dwi Diah (2017) Analisis peningkatan kesejahteraan nasabah pembiayaan mikro pada PT BRI Syariah KCP Mojokerto Bangsal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Diah Suryaningsih_C74213098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Peningkatan Kesejahteraan Nasabah Pembiayaan Mikro di PT BRI Syariah KCP Mojokerto Bangsal” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana tingkat kesejahteraan nasabah pembiayaan mikro di kabupaten Mojokerto dan bagaimana analisis peningkatan kesejahteraan nasabah pembiayaan mikro di PT BRI Syariah KCP Mojokerto Bangsal. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara dengan informan kunci dan dokumentasi, dalam hal ini pengambilan data diperoleh melalui website BRI Syariah (www.brisyariah.co.id/), dan arsip-arsip yang ada di bank BRI Syariah KCP Mojokerto Bangsal. Hasil penelitian yang diperoleh adalah data-data keadaan masyarkat yang bermacam-macam, keadaan dimana sebelum pembiayaan mikro nasabah mengalami keterbatasan dalam hal permodalan untuk meningkatkan usahanya. Pendapatan yang diperoleh dari usahanya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan juga pendidikan. Oleh karena itu untuk meningkatkan modal usahanya nasabah melakukan Pembiayaan Mikro dengan menggunakan akad Mura@bahah. Dan pembiayaan mikro dalam meningkatkan kesejahteraan nasabah BRI Syariah KCP Mojokerto Bangsal dapat terlihat dari meningkatnya 87% pendapatan nasabah, yang kemudian berdampak positif juga pada meningkatnya tabungan nasabah dan maqashid syariah, seperti meningkatnya zakat, infaq, shadaqah nasabah, meningkatnya pemenuhan konsumsi makanan sehari - hari nasabah, terpenuhinya kebutuhan untuk mencukupi pendidikan keluarga, meningkatnya investasi masa depan untuk keluarga nasabah pembiayaan mikro dan aset yang diperoleh nasabah dari mengembangkan usahanya. Dari hasil penelitian di atas saran yang dapat diberikan adalah BRI Syariah KCP Mojokerto Bangsal harus lebih aktif dalam mensinergikan bisnis nasabah dengan mempertemukan nasabah yang memiliki jalur bisnis yang searah, seperti pengrajin sandal dengan penjual toko sandal, peternak ayam, dengan pengusaha rumah makan, dan lain sebagainya, sehingga tercipta ikatan yang kuat dengan BRI Syariah KCP Mojoketo Bangsal. Dan memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada nasabah seperti nasabah mikro tentang bagaimana membuat pembukuan atau laporan keuangan, masukan tentang pembiayaan yang murah dan sesuai dengan syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryaningsih, Dwi Diahdwidiahsuryaningsih@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kesejahteraan nasabah; Pembiayaan mikro
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Suryaningsih Dwi Diah
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:19
Last Modified: 23 Jan 2018 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22042

Actions (login required)

View Item View Item