Nilai-nilai pendidikan spiritual dalam kitab al-barzanji; karya as-Syaikh Ja’far al-Barzanji

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mumtaz, M. Amirul (2012) Nilai-nilai pendidikan spiritual dalam kitab al-barzanji; karya as-Syaikh Ja’far al-Barzanji. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Amirul Mumtaz_D01207197.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karya sastra selalu memberikan pesan atau amanah untuk berbuat baik, dan masyarakat atau pembaca diajak untuk menjunjung tinggi norma-norma moral. Dengan cara yang berbedasastra, filsafat dan agama, dianggap sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan yang halus, manusia dan berbudaya. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis peelitian kepustakaan (library research). Oleh karena itu demi mendapatkan data-data yang dibutuhkan, peneliti menelaah buku-buku kepustakaan yang relevan-relevan dengan judul skripsi ini. Penelitian sastra yang berobjek Bahasa difokuskan pada penggunaan Bahasa sebagai sarana komunikasi, penelitian sastra yang berobjek isi difokuskan pada nilai-nilai, manfaat atau kegunaan karya sastra dalam kehidupan manusia, sedangkan penelitian sastra yang berobjek estetisdiarahkan pada kajian keberadaan karya satra sebagai karya seni yang mengandung nilai kehidupan. Mengkaitkan kitab al-Barzanji dengan pola disiplin dan pembiasaan yang berlatar pada suatu komunitas (mayarakat/pemudaNU) denan orientasi nilai budaya dan nilai religi anak, dan interaksi antar mereka pada komunita serta status identitasnya dengan kualitasnya dan kualitas spiritual yang mereka capai menjadi suatu kajian yan sangat menarik. Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian spiritual dalam kitab al-barzanji dengan rumusan masalah (1). Bagaimana nilai pendidikan spiritual dalam kitab Barzanji (2). Bagaimanakah deskripsi nilai-nilai spiritual individual/pribadi berupa perintah dalam kitab al-Barzanji (3). Bagaimanakah deskripsi nilai-nilai spiritual sosial berupa perintah dalam kitab al-barzanji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mumtaz, M. AmirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Pendidikan Islam
Buku > Buku bacaan -- Buku terpilih
Keywords: Pendidikan spiritual; barzanji; sosial; Syaikh Ja’far
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:30
Last Modified: 24 Jan 2018 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22059

Actions (login required)

View Item View Item