Studi komparasi pembelajaran al Qur'an antara model qiro'ati di TPQ Al Kholilul Huda Mojokerto dengan model ummi di TPQ Baitus Salam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Ayu (2012) Studi komparasi pembelajaran al Qur'an antara model qiro'ati di TPQ Al Kholilul Huda Mojokerto dengan model ummi di TPQ Baitus Salam Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Novitasari_D31208022 sdh

Download (0B)

Abstract

Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain: l).Bagaimana implementasi pembelajaran Al-Qur'an model Qiro'ati di TPQ Al-Kholilul Huda Mojokerto dan model Ummi di TPQ Baitus Salam Surabaya. 2). Apa persamaan serta perbedaan implementasi pembelajaran Al-Qur'an model Qiro'ati di TPQ Al-Kholilul Huda Mojokerto dan model Ummi di TPQ Baitus Salam Surabaya 3). Apa faktor yang mendukung serta menghambat implementasi pembelajaran Al-Qur’an model Qiro’ati di TPQ Al-Kholilul Huda Mojokerto dan model Ummi di TPQ Baitus Salam Surabaya. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data ada1ah : Observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi yang mana dalam penelitian kualitatif data diperoleh dari berbagai sumber dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), dan dilakukan pengamatan secara terus- menerus sampai datanya jenuh. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model Qiro'ati dengan model Ummi. Untuk model Qiro'ati lebih menekankan pada membaca Al-Quran yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan qoidah ilmu tajwid sistem pendidikan dan pengajaran model Qiro'ati. Sedangkan model Ummi lebih menekankan pada membaca secara berulang-ulang karena Ummi berasal dari kata "ibuku" dan bahasa ibu itu diajarkan secara langsung dan diulang-ulang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, AyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Al Qur'an
Keywords: Pembelajaran al Qur'an; Model qiro'ati; Model ummi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:06
Last Modified: 24 Jan 2018 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22062

Actions (login required)

View Item View Item