Pengaruh materi Ta'lim Muta'alim dalam program Baca Al Qur'an terhadap peningkatan ketaatan beragama siswa kelas VIII di SMP Al Islah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millah, Disa Aimmatul (2012) Pengaruh materi Ta'lim Muta'alim dalam program Baca Al Qur'an terhadap peningkatan ketaatan beragama siswa kelas VIII di SMP Al Islah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Disa Aimmatul Millah_D31208045.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22066

Abstract

Materi Ta'lim Muta'alim dalam program baca Al-Qur'an adalah kegiatan tambahan dilaksanakan diluar jam pelajaran yang menerangkan cara dan tata krama dalam menggali ilmu, agar ilmu tersebut dapat bermanfaat baik di dunia maupun di akhlrat,. Sedangkan peningkatan ketaatan beragama adalah cara atau usaha dalam mematahui perintah-perintah Allah dengan niat ibadah baik itu perintah wajib atau perintah sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Dalam skripsi ini menggunakan tiga rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimana pengajaran materi Ta'lim Muta'alim dalam program baca Al-Qur'an di SMP Al­Islah Surabaya?, 2. Bagaimana ketaatan beragama pada siswa kelas VIII di SMP Al-Islah Surabaya?, 3. Seberapa besar pengaruh materi Ta'lim Muta'alim dalam program baca Al-Qur'an terhadap peningkatan ketaatan beragama pada siswa kelas VIII di SMP Al-Islah Surabaya? Pendekatan untuk penelitian ini yakni kuantitatif, sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini field research. Untuk memperoleh data penulis menggunakan beberapa metode antara lain : observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil dari penyajian data dan analisis data diperoleh bahwasannya program baca Al-Qur'an terlakasana cukup. Hal ini terbukti berdasarkan analisis melalui prosentase angket yang diperoleh 62,6%. Adapun ketaatan beragama siswa yakni kurang. Hal ini dibuktikan berdasarakan analisis angket yang diperoleh yakni 55% hal tersebut diperkuat dengan basil angket orang tua siswa tentang ketaatan beragama dengan basil 50,7%. Seclangkan dengan menggunakan rumus product moment yang menghasilkan rxy sebesar 0,48. Apabila rxy dikonsultasikan dengan nilai tabel taraf signifikansi 5% yakni 0,316 clan 1% yakni 0,408, maka r xy lebih besar daripada r tabel , maka hipotesis nihil (Ho) ditolak, seclangkan hipotesis aleternatif (Ha) diterima. Kemudian jika dilihat 'r' hitung sebesar 0,48 berarti berada pada skala 0,40 - 0,70 ini menunjukkan bahwa pengaruh program baca Al-Qur'an terhadap ketaatan beragama siswa kelas VIII di SMP Al-Islah dengan tingkat korelasi yang sangat sedang. Jadi kesimpulannya yaitu ada pengaruh program baca Al-Qur' an terhadap peningkatan ketaatan beragama siswa kelas VIII di SMP Al-Islah Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millah, Disa Aimmatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Materi Ta'lim Muta'alim; baca Al Qur'an; ketaatan beragama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:55
Last Modified: 24 Jan 2018 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22066

Actions (login required)

View Item View Item