Perbedaan hasil belajar Matematika siswa kelas RSBI dengan siswa kelas non RSBI dengan memperhatikan kemampuan Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chotimah, Chusnul (2012) Perbedaan hasil belajar Matematika siswa kelas RSBI dengan siswa kelas non RSBI dengan memperhatikan kemampuan Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Chusnul Chotimah_D04207065.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22087

Abstract

Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah apakah ada perbedaan basil belajar matematika siswa kelas RSBI dengan siswa kelas non RSBI dengan memperhatikan kemampuan bahasa inggris di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis. Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa siswa kelas RSBI dengan siswa kelas non RSBI, keduanya sama­ sama mendapatkan materi matematika yang sama dari guru yang sama, hanya saja yang membedakannya adalah bahasa pengantar dan cara penyampaiannya saja yang berbeda. Sehingga belum tentu siswa kelas non RSBI itu lebih mengerti tentang materi matematika dibandingkan dengan siswa kelas RSBI jika dilihat dari segi bahasa yang digunakan. Selain itu, Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimen. Pelaksanaan penelitian dengan mencari perbedaan hasil belajar siswa kelas RSBI dengan siswa kelas non RSBI dengan metode pengumpulan data adalah metode tes. Dari basil penelitian diperoleh rata-rata (mean) untuk kelas RSBI sebesar 86 dan kelas non RSBI adalah 79. Dengan menggunakan analisis statistik uji ANOVA two way, maka sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas clan uji homogenitas dan diperoleb basil bahwa data berdistribusi tidak normal dan bomogen. Karena data tidak memenuhi asumsi yang disyaratkan, maka untulc mengetahui ada tidaknya perbedaan basil belajar matematika siswa dengan memperhatikan kemampuan Bahasa lnggris dilakukan analisis statistik nonparamelrik yaitu Fisher exact probability test. Dari hasil analisis statistik nonparametrik dengan fisher exact probability test diperoleh Prutung > a = 0,05, maka terima Ho dan tolak H1. Dengan kata lain tidak terdapat perbedaan basil belajar matematika siswa kelas RSBI dan siswa kelas non RSBI dengan memperhatikan kemampuan bahasa inggris di SMPN 1 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chotimah, Chusnul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar siswa; analisis statistik; kemampuan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:48
Last Modified: 25 Jan 2018 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22087

Actions (login required)

View Item View Item