Dinamika resiliensi remaja yang orangtuanya bercerai: studi kasus pada remaja korban perceraian orangtua di Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Susi Prastio (2010) Dinamika resiliensi remaja yang orangtuanya bercerai: studi kasus pada remaja korban perceraian orangtua di Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Susi Prastio Rini_B37205003.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22092

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dinamika resiliensi yang terbentuk pada diri remaja yang orangtuanya bercerai. Perceraian orangtua yang clialami remaja dapat menyebabkan kesulitan penyesuaian diri dalam bentuk masalah perilaku, kesulitan belajar, dan penarikan diri dari lingkungan sosial. Resiliensi dalam penelitian ini cliartikan sebagai kemampuan individu untuk bangkit kembali dari perceraian orangtuanya dan menjadi kekuatan penyesuaian dalam menghadapi masalah yang lebih besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode stucli kasus eksplanatoris.Penelitian ini menggunakan desain multi kasus, karena dalam penelitian ini digunakan lebih dari satu kasus dan memfokuskan pada satu kesatuan masalah. Penggunaan desain ini dapat menghasilkan fakta yang seringkali clipandang lebih meyakinkan, sehingga keseluruban penelitiannya clipandang lebih kuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa resiliensi diri remaja yang orangtuanya bercerai merupakan proses sejak awal perceraian hingga saat ini, resiliensi diri yang clitampilkan remaja merupakan basil interaksi dari faktor resiko dan faktor protektif internal serta faktor protektif ekstemal. Faktor resiko adalah faktor yang semakin meningkatkan kesulitan penyesuaian diri remaja terhadap perceraian orangtua, antara lain kurangnya keterlibatan salah satu orangtua dalam pengasuhan anak, dan berhentinya dukungan finansial. Faktor protektif internal merupakan faktor pelindung yang berasal dari dalam diri inclividu, sedangkan faktor protektif ekstemal merupakan faktor yang melindungi remaja dari faktor resiko perceraian orangtua, yang berasal dari lingkungan remaja. Dari basil penelitian, peneliti menemukan remaja yang orangtuanya bercerai mampu menampilkan resiliensi diri dalam menghadapi resiko yang disebabkan oleh perceraian orangtuanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Susi Prastio--UNSPECIFIED
Subjects: Nikah > Cerai
Remaja
Keywords: Remaja; resiliensi; perceraian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2018 08:28
Last Modified: 25 Jan 2018 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22092

Actions (login required)

View Item View Item