Konflik agama: study kasus tentang potensi timbulnya konflik umat beragama di Perumnas Kamal Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wakhid, Moh.Ridwan (2012) Konflik agama: study kasus tentang potensi timbulnya konflik umat beragama di Perumnas Kamal Madura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Ridwan Wakhid_E02207002.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22104

Abstract

Masalah yang diteliti dalam Skripsi ini ada tiga poin utama yaitu: 1). Penyebab timbulnya potensi konflik umat beragama di lingkup perumahan. 2). Bagaimana pandangan masing-masing pemeluk agama yang bersangkutan dan pandangan theology masing-masing agama terhadap potensi timbulnya konflik umat beragama. 3). Cara meminimalisir pecahnya konflik umat beragama di lingkup perumahan. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode observasi langsung yang di tunjang dengan Library Research (penelitian kepustakaan). Selain itu peneliti menggunakan tehnik wawancara bebas (free interview), tehnik ini digunakan agar peneliti memperoleh informasi dari informan dengan rasa kebersamaan tanpa adanya paksaan. Selanjutnya dianalisis dengan tehnik analisis induktif dan deduktif agar memperoleh kesimpulan yang bersifat umum ke yang khusus. Konflik terutama konflik agama sering terjadi pada sekitar kita, konflik agama sering kali melibatkan kelompok mayoritas dan minoritas. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan karakteristik di dalam kelompok tersebut. Adanya konflik dilingkup perumahan sering kali terjadi karena kurangnya komunikasi antar kelompok mayoritas dan minoritas. Selain itu, masyarakat masih belum mengerti betul akan makna kebersamaan. Oleh karena itu Tuhan menurunkan agama sebagai pedoman bagi umat mmanusia. Adapun detail hasil penelitian secara lebih lanjut dapat dikaji dalam pembahasan selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wakhid, Moh.Ridwan--UNSPECIFIED
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama

Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Konflik umat beragama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2018 08:57
Last Modified: 26 Jan 2018 08:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22104

Actions (login required)

View Item View Item